alexametrics

Sehat dan Bugar Selama Puasa dengan Latihan 10 Menit

Vania Rossa
Sehat dan Bugar Selama Puasa dengan Latihan 10 Menit
Marcell Siahaan dan Instruktur STRONG Nation™. (Dok. STRONG Nation™)

Cukup dengan menyisihkan 10 menit setiap hari untuk berlatih STRONG Nation, Anda bisa tetap sehat dan menjalani puasa dengan lebih menyenangkan.

Suara.com - Membatasi interaksi dan kegiatan ditengah pandemi seperti ini berpotensi melemahkan kondisi kesehatan fisik dan mental kita. Padahal, di bulan Ramadhan ini, sangat penting bagi kita untuk memiliki tubuh yang sehat dan bugar, agar siap untuk berpuasa selama 13 jam setiap hari. Namun Anda tidak perlu khawatir, cukup dengan menyisihkan 10 menit setiap hari untuk berlatih STRONG Nation™, Anda bisa tetap sehat dan menjalani puasa dengan lebih menyenangkan.

Penyanyi dan aktor Marcell Siahaan, yang belum lama ini menjadi instruktur STRONG Nation™ berlisensi dan juga brand ambassador untuk program latihan HIIT yang populer ini, mengatakan bahwa rutin melakukan latihan akan memberi manfaat bagi tubuh dan pikiran.

"Bisa dilakukan dengan menurunkan intensitas sebesar satu atau dua tingkat, tapi jangan berhenti secara total (latihannya),” saran Marcell, mengutip siaran pers yang diterima Suara.com.

“Bagi mereka yang baru mulai mengikuti kelas atau siapa pun yang tidak rutin berolahraga namun ingin mengambil langkah ekstra untuk merasa sehat dan bugar selama bulan puasa, Anda dapat melakukan latihan selama 10 menit setiap hari yang tersedia secara online. Selama Anda memiliki kemauan untuk melakukannya, Anda tidak akan merasa terpaksa karena Anda akan termotivasi dengan musik yang dirancang khusus untuk menyelaraskan setiap gerakan secara sempurna,” tambahnya.

Baca Juga: Maksud Hati Beli Takjil Buka Puasa, Pas Dibuka Isinya Bikin Syok Berat

Sedangkan menurut Cut Memey yang sudah menjadi instruktur selama lebih dari 2 tahun, untuk pemula yang belum berpengalaman atau bahkan tidak memiliki kebiasaan olahraga, waktu yang tepat untuk melakukan latihan selama 10 menit adalah sebelum berbuka puasa.

"Anda mungkin merasa sedikit lemas karena tidak mengonsumsi apapun sepanjang hari, tetapi biarkan musik yang menyemangati Anda, dan setelahnya Anda dapat menikmati berbuka puasa," demikian tips dari Cut Memey.

Satu jam setelah sahur sebelum Anda memulai puasa juga menjadi salah satu pilihan waktu terbaik. Tapi ingatlah untuk memberikan jeda waktu dan membuat diri Anda tetap terhidrasi dengan baik sebelum memulai latihan 10 menit.

Latihan ini bisa dilakukan dua kali di jam-jam yang disarankan tersebut jika Anda merasa percaya diri dengan kekuatan Anda. Tetapi, jika Anda ingin mengikuti kelas yang berdurasi 30 atau 60 menit, satu jam setelah berbuka puasa merupakan waktu yang tepat.

Ada tiga level yang bisa Anda pilih dan sesuaikan dengan kemampuan Anda. Pertama adalah Low yang dimodifikasi dengan gerakan pengaruh rendah bagi mereka yang baru memulai. Berikutnya adalah Base untuk melepaskan kekuatan Anda dengan gerakan yang menjadi dasar program. Lalu ada Max yang mendorong Anda untuk memberikan tantangan menyeluruh pada tubuh Anda.

Baca Juga: Kenapa Berpuasa Bisa Menyebabkan Bau Mulut?

Komentar