alexametrics

Agar Tetap Terhidrasi dan Berenergi, Konsumsi 5 Asupan Berikut saat Sahur

Yasinta Rahmawati | Fita Nofiana
Agar Tetap Terhidrasi dan Berenergi, Konsumsi 5 Asupan Berikut saat Sahur
Ilustrasi makan sahur (Shutterstock)

Beberapa makanan berikut bisa membantu Anda tetap terhidrasi dan berenergi selama berpuasa.

Suara.com - Agar puasa tetap sehat dan bugar, asupan makanan yang Anda konsumsi saat sahur tentu akan berpengaruh. Dalam hal ini, beberapa makanan yang terlalu asin bisa memicu rasa haus. Namun beberapa makanan lain bisa membuat Anda merasa terhidrasi sepanjang hari.

Melansir dari NDTV, berikut beberapa asupan sahur untuk merasa tetap terhidrasi dan berenergi selama puasa, antara lain:

1. Telur

Telur merupakan asupan yang kaya vitamin dan nutrisi. Makan telur akan membuat Anda merasa kenyang karena kandungan nutrisinya termasuk protein.

Baca Juga: Dua Kunci Cegah Penyakit Kronis, Makan Sehat dan Olahraga

2. Oatmeal

Makanan kaya protein seperti oatmeal memberi Anda banyak energi. Oatmeal adalah sumber protein dan karbohidrat yang menggugah selera, jika disajikan dengan tambahan kacang, makanan ini akan semakin penuh gizi.

3. Ikan atau Ayam

Ikan dikenal sebagai makanan penambah vitalitas, namun usahakan untuk tidak menggoreng ikan karena bisa menyebabkan kembung. Makanan yang digoreng perlu Anda hindari selama sahur karena bisa membuat Anda lebih haus.

Di sisi lain, ayam memiliki nutrisi penghasil energi yang akan memudahkan seseorang yang berpuasa, berfungsi sepanjang hari.

Baca Juga: Hari Kanker Sedunia, Yuk Cegah dengan 5 Pola Makan Sehat Berikut

4. Buah dan Sayuran

Buah dan sayuran (Shutterstock)
Buah dan sayuran (Shutterstock)

Buah dan sayuran kaya akan mineral dan vitamin yang membantu seseorang merasa berenergi. Selain air, buah juga bisa membantu Anda tetap terhidrasi. Beberapa contoh buahnya adalah semangka, stroberi, persik, jeruk, tomat, ketimun, selada, bayam, dan seledri.

5. Kacang-kacangan

Kacang-kacangan bisa membuat orang kenyang hanya dalam jumlah kecil. Jika Anda memasangkan kacang dengan susu panas maka itu akan menjadi kombinasi yang sehat karena produk susu juga sangat mengenyangkan.

Jika Anda ingin memasangkannya dengan roti maka Anda bisa menggunakan selai kacang. Selai almond dan selai kacang akan memberi Anda energi sekaligus membuat Anda merasa kenyang untuk waktu yang lebih lama.

Di bulan Ramadhan penuh berkah ini, mari kita ringankan beban saudara sesama yang kesusahan. Berbagi sambil menambah amalan lewat sedekah makanan bersama Suara.com di laman Indonesia Dermawan. Untuk langsung meng-input jumlah sedekah silakan KLIK DI SINI!

Komentar