alexametrics

Pola Makan Salah Bisa Picu Sakit Kepala Migrain, Ini 5 Pemicunya!

Arendya Nariswari | Shevinna Putti Anggraeni
Pola Makan Salah Bisa Picu Sakit Kepala Migrain, Ini 5 Pemicunya!
Sakit kepala (Pixabay/RobbinHiggins)

Pola makan yang salah bisa memicu sakit kepala dan migrain.

Suara.com - Semua orang pasti pernah sakit kepala atau migrain. Tapi, sakit kepala atau migrain ketika Anda sedang menjalani pola diet tertentu perlu diwaspadai,

Karena, kebiasaan makan juga bisa memengaruhi kondisi ini. Menurut Penelitian, sekitar 10 persen orang yang mengalami migrain dan sakit kepala parah dipicu oleh kesalahan pola makan.

Berikut ini dilansir dari Bright Side, 5 pola makanan yang bisa menyebabkan migrain dan sakit kepala parah.

1. Kafein

Baca Juga: Termasuk Bahan Dasar Vaksin Covid-19, Apa Itu Adenovirus?

Konsumsi kafein yang berlebihan bisa menyebabkan timbulnya sakit kepala. Sehingga Anda harus membatasi asupan kafein hingga 200-300 milligram (2-3 cangkir kopi) sehari. Perhatikan pula kalau kafein juga terdapat dalam produk coklat, teh, minuman berkarbonasi hingga obat penghilang rasa sakit.

Ilustrasi Kopi Hitam. (Unsplash/@muustudio)
Ilustrasi Kopi Hitam. (Unsplash/@muustudio)

2. Gluten

Gluten adalah protein dalam biji-bijian seperti gandum, gandum hitam, barley dan triticale yang biasanya dikonsumsi orang diet. Sayangnya, biji-bijian atau produk yang terbuat dari bahan ini bisa memicu migrain, terutama pada orang yang tidak toleran gluten.

3. Makanan dan minuman dingin

Jika Anda kebiasaan makan es krim atau meneguk minuman dingin setelah olahraga, sebaiknya segera menghentikan kebiasaan ini. Kebiasaan ini bisa menyebabkan sakit kepala yang berlangsung antara 25-60 detik hingga 1-2 menit.

Baca Juga: Begini Kondisi Aburizal Bakrie usai Disuntik Terawan Pakai Vaksin Nusantara

4. Buah jeruk

Buah jeruk atau buah asam lainnya bisa memengaruhi tingkat pH darah dan meningkatkan risiko Anda sakit kepala migrain. Beberapa Penelitian menunjukkan bahwa sekitar 11 persen orang sakit kepala akibat makan buah jeruk.

Selain itu, buah-buahan yang mengandung tyramine dan histamine juga bisa memengaruhi kesehatan jika Anda tidak bisa menahannya.

5. Keju tua

Keju yang mengalami proses penuaan mungkin bisa menjadi pemicu migrain bagi banyak orang, karena tinggi kandungan tyramine. Tyramine berasal dari asam amino, tirosin dan biasanya terbentuk dalam makanan yang diawetkan, diasinkan, diasap dan difermentasi.

Keju yang sudah tua, seperti cheddar, fetal, blue cheese, parmesan, gouda dan muenster termasuk kelompok keju yang perlu diwaspadai memicu sakit kepala.

Sebaliknya, keju segar biasanya tidak mengandung banyak tyramine sehingga lebih aman dikonsumsi meskipun Anda terkadang mengalami migrain.

Komentar