Waspada, Minum Alkohol Usai Suntik Vaksin Covid-19 Bisa Turunkan Kemanjuran

Yasinta Rahmawati, Fita Nofiana

Rabu, 28 April 2021 | 14:34 WIB
Waspada, Minum Alkohol Usai Suntik Vaksin Covid-19 Bisa Turunkan Kemanjuran
wine, alkohol, minuman beralkohol (Pixabay/stevepb)

Suara.com - Vaksin Covid-19 yang telah diberi izin memang terbukti kemanjuran dan keamananannya. Namun, apa yang Anda lakukan sebelum atau sesudah vaksinasi ternyata bisa memengaruhi kemanjuran vaksin.

Melansir dari Eat This, asupan alkohol usai vaksinasi bisa memengaruhi kemanjuran vaksin. Dalam hal ini, banyak ahli menunjukkan bahwa minum satu atau dua gelas alkohol mungkin tidak akan merugikan. Namun minum berlebihan dapat berdampak negatif pada kekebalan yang mungkin mengganggu respons vaksin.

"Jika Anda benar-benar peminum yang moderat (ringan), maka tidak ada risiko minum-minum sekitar waktu vaksinasi," kata Ilhem Messaoudi, direktur Pusat Penelitian Virus di Universitas California, Irvine yang telah melakukan penelitian tentang efek alkohol pada respons imun.

"Tapi waspadalah dengan meminum alkohol dalam jumlah besar karena efeknya pada semua sistem biologis, termasuk sistem kekebalan," imbuhnya.

Menurut Pedoman Diet untuk Orang Amerika tahun 2020-2025, minum dalam jumlah sedang didefinisikan sebagai 2 minuman atau kurang dalam sehari untuk pria atau 1 minuman atau kurang dalam sehari untuk perempuan. Minum berat dianggap empat minuman atau lebih setiap hari untuk pria dan tiga atau lebih minuman untuk perempuan.

Ilustrasi wanita minum alkohol (Pixabay/Concord90)
Ilustrasi wanita minum alkohol (Pixabay/Concord90)

Meskipun tidak ada penelitian seputar alkohol dan vaksin Covid-19, namun penelitian sebelumnya menemukan bahwa konsumsi alkohol dalam jumlah besar berdampak negatif pada kekebalan dan dapat membuat Anda lebih rentan terhadap infeksi bakteri dan virus. Namun, minum dalam jumlah sedang tidak memiliki efek yang merugikan tersebut.

Dr. Hewlett dari University of Nebraska Medical Center juga menunjukkan bahwa banyak minum dan mabuk sehari usai vaksinasi berpotensi memperkuat efek samping vaksin.

"Meminum segelas sampanye mungkin tidak akan menghambat respons kekebalan apa pun, masalahnya jika minum banyak," kata Hewlett.  

baca juga
Cari Tahu

Kumpulan Kuis Menarik

KUIS: Seberapa Leo Sih Kamu? Mengukur Tingkat Percaya Diri dan Karisma
Ikuti Kuisnya ➔
Kalkulator Weton Online, Cek Hari Lahir Menurut Penanggalan Jawa
Ikuti Kuisnya ➔
KUIS: Kacamata Apa yang Paling Cocok dengan Gayamu?
Ikuti Kuisnya ➔
KUIS: Sepatu Mana yang Cocok dengan Kepribadianmu?
Ikuti Kuisnya ➔
KUIS: Seberapa Kenal Kamu dengan Si Zodiak Cancer?
Ikuti Kuisnya ➔
KUIS: Tipe Karakter Apakah Kamu Saat Mati Listrik Melanda?
Ikuti Kuisnya ➔
KUIS: Seberapa Kenal Kamu dengan MPR RI?
Ikuti Kuisnya ➔
KUIS: Tipe Work-Life Balance Mana yang Paling Kamu Banget?
Ikuti Kuisnya ➔
KUIS: Siapa Kamu di Kru Bajak Laut Topi Jerami?
Ikuti Kuisnya ➔
Kuis Ujian Kepekaan: Apakah Anda Individu yang Empati atau Justru Cuek?
Ikuti Kuisnya ➔
Simulasi TKA SD: 15 Soal Matematika Kelas 6 Materi Bilangan
Ikuti Kuisnya ➔

Komentar

Terkait

Usai 2 Kali Disuntik Vaksin Covid, Warga AS Bebas Keluar Rumah Tanpa Masker

Usai 2 Kali Disuntik Vaksin Covid, Warga AS Bebas Keluar Rumah Tanpa Masker

News | Rabu, 28 April 2021 | 12:42 WIB

AS Bolehkan Warga yang Sudah 2 Kali Divaksin Lepas Masker di Tempat Terbuka

AS Bolehkan Warga yang Sudah 2 Kali Divaksin Lepas Masker di Tempat Terbuka

News | Rabu, 28 April 2021 | 12:05 WIB

Angka Kematian Kanker Serviks Meningkat, Banyak Perempuan Belum Vaksin HPV

Angka Kematian Kanker Serviks Meningkat, Banyak Perempuan Belum Vaksin HPV

Health | Rabu, 28 April 2021 | 10:35 WIB

Terkini

Revisi UU Pemilu Segera Masuk Tahap Formal, Rapim dan Bamus Digelar Selasa

Revisi UU Pemilu Segera Masuk Tahap Formal, Rapim dan Bamus Digelar Selasa

News | Jum'at, 14 Agustus 2026 | 20:09 WIB

Bahaya Maut Di Balik Karhutla, Ketika Asap Bisa Jadi Mesin Pembunuh Diam-diam

Bahaya Maut Di Balik Karhutla, Ketika Asap Bisa Jadi Mesin Pembunuh Diam-diam

News | Jum'at, 14 Agustus 2026 | 20:07 WIB

Daftar Harga HP Xiaomi Agustus 2026, Lengkap Redmi dan POCO

Daftar Harga HP Xiaomi Agustus 2026, Lengkap Redmi dan POCO

Tekno | Jum'at, 14 Agustus 2026 | 20:05 WIB

Ulasan Film Seni Merayu Tuhan: Refleksi Sunyi Anak Muda Mencari Arah Hidup

Ulasan Film Seni Merayu Tuhan: Refleksi Sunyi Anak Muda Mencari Arah Hidup

Your Say | Jum'at, 14 Agustus 2026 | 20:05 WIB

Dasco: Dwikewarganegaraan Diaspora Akan Diberlakukan Terbatas dan Sangat Selektif

Dasco: Dwikewarganegaraan Diaspora Akan Diberlakukan Terbatas dan Sangat Selektif

News | Jum'at, 14 Agustus 2026 | 20:01 WIB

Dasco Jamin PDIP Tak Ditinggal di RUU Pemilu: Mereka Fraksi Terbesar

Dasco Jamin PDIP Tak Ditinggal di RUU Pemilu: Mereka Fraksi Terbesar

News | Jum'at, 14 Agustus 2026 | 19:58 WIB

Prabowo Minta Anak 1 SD Belajar Bahasa Asing, DPR Ingatkan Tantangan Guru dan Fasilitas

Prabowo Minta Anak 1 SD Belajar Bahasa Asing, DPR Ingatkan Tantangan Guru dan Fasilitas

News | Jum'at, 14 Agustus 2026 | 19:54 WIB

Danantara Ingatkan Semua Pihak Jaga Ekonomi Tetap Kondusif demi Tarik Investor

Danantara Ingatkan Semua Pihak Jaga Ekonomi Tetap Kondusif demi Tarik Investor

Bisnis | Jum'at, 14 Agustus 2026 | 19:50 WIB

Cerita di Balik Pertemuan Sekjen Parpol Koalisi, Dari Refleksi Kemerdekaan Hingga Obrolan Politik

Cerita di Balik Pertemuan Sekjen Parpol Koalisi, Dari Refleksi Kemerdekaan Hingga Obrolan Politik

News | Jum'at, 14 Agustus 2026 | 19:48 WIB

Prabowo: Prabowonomics Sebenarnya Marhaenisme, PDIP Sulit Tak Mendukung

Prabowo: Prabowonomics Sebenarnya Marhaenisme, PDIP Sulit Tak Mendukung

News | Jum'at, 14 Agustus 2026 | 19:45 WIB

×