alexametrics

Viral Video TikTok Makan Daging Ayam Mentah, Ketahui Bahayanya!

Yasinta Rahmawati | Rosiana Chozanah
Viral Video TikTok Makan Daging Ayam Mentah, Ketahui Bahayanya!
Ilustrasi ayam mentah. (Shutterstock)

Wanita ini mengklaim makan daging ayam mentah bikin dirinya tidak pernah sakit.

Suara.com - Unggahan akun TikTok @emmawoodward16 viral karena penggunanya mempertontonkan saat ia makan daging ayam mentah yang sudah dipotong dadu. Lalu tanpa dasar mengklaim itulah sebabnya ia tidak pernah sakit.

Di dalam videonya, pengguna menulis, "inilah alasan aku tidak pernah sakit", sambil mengunyah potongan daging ayam mentah.

Unggahan tersebut sudah ditonton sebanyak 868 ribu kali dan disukai 43 ribu pengguna.

Berbanding terbalik dengan klaim wanita tersebut, mengonsumsi daging ayam mentah justru dapat menyebabkan penyakit.

Baca Juga: Kebutuhan Pangan Aman, Tapi Harga Daging Ayam di Cianjur Masih Tinggi

Spesialis Pengobatan Darurat di Brooklyn, New York, Snehalata Topgi, mengatakan daging ayam mentah mengandung bakteri berbahaya yang dapat mengubah flora (bakteri baik) di usus besar.

Makan daging ayam mentah (TikTok/@emmawoodward16)
Makan daging ayam mentah (TikTok/@emmawoodward16)

"Mengonsumsi ayam mentah adalah ide buruk. Ayam mentah biasanya buruk karena sangat rentan terhadap bakteri, seperti salmonella atau campylobacter," kata Topgi, dilansir Insider.

Salmonella merupakan patogen (mikroorganisme yang dapat menyebabkan penyakit) yang hidup di saluran usus manusia dan hewan. Bakteri juga dapat diekskresikan melalui kotoran hewan.

Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit AS (CDC) mengatakan bakteri tersebut dapat menyebabkan gejala keracunan makanan, termasuk muntah serta diare.

Selain itu, ahli epidemiologi penyakit menular, Mel Kramer menambahkan bahwa bakteri itu dapat berakibat kematian atau penyakit kronis.

Baca Juga: Kabar Gembira! Harga Daging Ayam Berangsur Turun

"Ayam mentah mungkin mengandung bakteri yang dapat menyebabkan septic arthritis, sindrom iritasi usus besar, atau sindrom Guillain-Barré, suatu kondisi kronis yang dapat menyebabkan kelumpuhan parsial," kata Kramer.

Menurut Kramer, orang dengan imunitas rendah atau memiliki penyakit komorbid berisiko lebih tinggi menderita penyakit tersebut.

Komentar