alexametrics

Jaga Kadar Gula di Hari Raya, Yuk Lakukan 5 Tips Berikut

Yasinta Rahmawati | Fita Nofiana
Jaga Kadar Gula di Hari Raya, Yuk Lakukan 5 Tips Berikut
Hidangan ketupat di Hari Raya Idul Fitri (Shutterstock)

Berikut lima tips agar kadar gula darah tetap terkendali saat Lebaran.

Suara.com - Selain menjadi hari raya umat muslim untuk bermaaf-maafan, Idulfitri juga menjadi tanda berakhirnya bulan Ramadan yang mewajibkan berpuasa.

Dengan begitu, tak heran di hari kemenangan tersebut banyak perayaan termasuk pesta makanan.

Sayangnya, perayaan makan-makan yang biasanya diisi dengan makanan berat berlemak ini bisa memicu masalah untuk kesehatan, termasuk kadar gula darah Anda. Oleh karena itu melansir dari Diabetesqld, berikut beberapa tips menjaga kadar gula selama hari raya, antara lain:

1. Kontrol Porsi

Baca Juga: Link Live Streaming Sidang Isbat Idul Fitri 1442 Hijriah Sore Ini

Menjaga porsi makan akan membantu mencegah makan berlebihan. Usahakan untuk tidak menumpuk makanan di piring sebagai ajang balas dendam setelah berpuasa sebulan penuh.

2. Kendalikan Asupan Manis

Cobalah untuk konsumsi beberapa kurma kering yaitu buah kering sebelum Anda mulai konsumsi makanan manis lainnya. Ini akan membantu Anda memuaskan rasa manis Anda agar tak makan kue manis berlebihan.

3. Segera Tinggalkan Meja Makan Usai Makan

Setelah Anda menikmati bagian kelezatan Idulfitri, tinggalkan meja makan sesegera mungkin setelah Anda selesai makan. Hal ini bisa membuat Anda tidak tergoda untuk mencoba lebih banyak makanan manis yang dapat ditampung oleh kadar glukosa darah atau perut Anda.

Baca Juga: Tak Cuma Jakarta, Bodetabek dan Cianjur Tutup Kuburan untuk Ziarah

Ilustrasi makan daging. (Unsplash/Eduardo D)
Ilustrasi makan daging. (Unsplash/Eduardo D)

4. Banyak Gerak

Berjalan-jalan di sekitar blok secara positif dapat memengaruhi suasana hati Anda dan membantu mengelola nafsu makan. Olahraga melepaskan hormon baik yang dapat membuat Anda merasa segar kembali dan menjaga diabetes Anda tetap terkendali.

Olah raga meningkatkan pengambilan glukosa oleh otot dan sensitivitas insulin tubuh, sehingga insulin memiliki efek yang lebih besar dalam menurunkan BGL baik selama maupun setelah olah raga.

5. Banyak Minum

Minum air putih penting untuk mencegah dehidrasi setelah puasa berkepanjangan. Ini sangat penting setelah makan yang manis karena ginjal akan menggunakan air untuk mengeluarkan gula dari sistem. Usahakan minum satu cangkir air setiap jam.

Komentar