alexametrics

Cara Mengatasi Asam Urat, 3 Hal Ini Bisa Anda Lakukan

Rifan Aditya
Cara Mengatasi Asam Urat, 3 Hal Ini Bisa Anda Lakukan
Cara Mengatasi Asam Urat - Ilustrasi Asam Urat. (Unsplash @imani_bht)

Banyak cara mengatasi asam urat, mulai dari meringankan efek yang ditimbulkan hingga langkah pencegahan untuk mengendalikan kadar asam urat yang ada di dalam tubuh.

Suara.com - Keluhan asam urat tentu jadi hal yang mengganggu ketika Anda harus terus beraktivitas dan melakukan berbagai kegiatan. Banyak cara mengatasi asam urat, mulai dari meringankan efek yang ditimbulkan hingga langkah pencegahan untuk mengendalikan kadar asam urat yang ada di dalam tubuh.

Praktis, ketika asam urat memicu nyeri yang hebat, kegiatan Anda akan terganggu. Maka dari itu, mari simak beberapa cara mengatasi asam urat di bawah ini bagi Anda penderita asam urat.

Cara Mengatasi Nyeri Asam Urat

Ketika nyeri melanda dan terasa tak tertahankan, ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan.

Baca Juga: Asam Urat: Gejala dan Cara Mencegah

  • Pertama, gunakan kompres dingin di area yang terasa nyeri. Kompres ini akan sedikit meringankan nyeri dan membuat persendian menjadi rileks. Lakukan beberapa jam sekali.
  • Kedua, pastikan Anda meminum obat yang sudah direkomendasikan oleh dokter. Obat ini biasanya didapatkan setelah Anda melakukan pemeriksaan, dan telah disesuaikan dengan kondisi tubuh dan kondisi asam urat yang Anda derita.
  • Ketiga, obat pereda nyeri dan sakit bisa jadi solusi sementara. Ketika memerlukan solusi ‘instan’, Anda bisa mencoba kedua jenis obat ini. Memang tidak kemudian menjadi sembuh, namun bisa membantu tubuh mengatasi nyeri berlebih sampai Anda menyelesaikan aktivitas. Ingat, gunakan obat yang direkomendasikan dokter ya.

Cara Mencegah Asam Urat Sering Kambuh

Setelah mengetahui cara mengatasi nyeri asam urat yang tiba-tiba muncul, ada baiknya juga Anda mengetahui tips untuk mengurangi intensitas asam urat kambuh. Lebih ke langkah pencegahan, berikut tipsnya.

  • Konsumsi cukup air putih. Asupan air putih yang cukup setiap hari bisa membantu Anda mengeluarkan asam urat dari tubuh secara rutin. Setidaknya, pastikan tubuh selalu mendapatkan asupan air putih minimal 8 hingga 10 gelas per harinya.
  • Kendalikan pola makan dan minum yang Anda miliki. Menghindari makanan dan minuman yang dapat memicu kambuhnya asam urat bisa jadi cara pencegahan terbaik. Setidaknya, kadar asam urat yang ada di dalam tubuh bisa lebih terkontrol dan nyeri menjadi lebih jarang muncul.
  • Asupan karbohidrat kompleks, dalam kadar setidaknya 100 gram per hari.
  • Kendalikan asupan protein. Pada kondisi tubuh normal, asupan protein bisa berada di antara 600 hingga 1000 miligram per hari. Namun angka ini harus turun drastis hingga ke titik 120 hingga 150 miligram per hari ketika Anda memiliki kadar asam urat yang berlebih. Untuk mengetahui angka pastinya, Anda bisa berkonsultasi dengan dokter kepercayaan Anda.

Nah, itu tadi sedikit pengetahuan mengenai cara mengatasi asam urat dan tips untuk meminimalisir terjainya nyeri yang terlalu sering. Selalu jaga pola hidup sehat, dan selamat menikmati liburan!

Kontributor : I Made Rendika Ardian

Baca Juga: Penderita Asam Urat Jangan Makan Ini saat Idul Fitri

Komentar