alexametrics

Obat Radang Tenggorokan yang Alami Lengkap dengan Penyebabnya

Rifan Aditya
Obat Radang Tenggorokan yang Alami Lengkap dengan Penyebabnya
Obat radang tenggorokan - ilustrasi penderita radang tenggorokan

Penyakit yang menimbulkan rasa tidak nyaman pada bagian tenggorokan ini muncul karena disebabkan oleh infeksi. Makanya, Anda perlu tahu obat radang tenggorokan yang tepat.

Suara.com - Radang tenggorokan adalah satu penyakit dalam yang kerap kali dianggap sepele oleh kebanyakan orang. Penyakit yang menimbulkan rasa tidak nyaman pada bagian tenggorokan ini muncul karena disebabkan oleh infeksi. Maka dari itu, Anda perlu tahu obat radang tenggorokan yang benar.

Apa saja gejala radang tenggorokan? Bagaimana pula cara mengobati radang tenggorokan? Mari simak, berikut adalah ulasan tentang obat radang tenggorokan yang alami lengkap juga dengan gejalanya.

Obat Radang Tenggorokan

Ilustrasi madu. (Sumber: Shutterstock)
obat radang tenggorokan - madu. (Sumber: Shutterstock)

Untuk mengatasi radang tenggorokan ada beberapa bahan alami yang bisa anda konsumsi, berikut adalah obat alami radang tenggorokan:

Baca Juga: Kulit Bersisik Bisa Muncul karena Radang Tenggorokan? Ini Penjelasan Dokter

  1. Madu
    Jenis obat herbal yang pertama adalah madu, madu dipercaya sebagai obat dari segala jenis penyakit. Anda cukup mencampurkan madu dengan air hangat secukupnya, barulah anda seduh
  2. Istirahat yang Cukup
    Istirahat cukup bisa anda lakukan untuk mengatasi radang tenggorokan, setiap harinya seluruh organ yang ada pada tubuh kita bekerja secara maksimal. Oleh karena itu ketika kita kurang istirahat maka pasti akan ada beberapa bagian yang tidak bisa bekerja secara optimal, salah satunya tidak bisa mengatasi virus yang menyebabkan radang tenggorokan
  3. Garam Cair
    Obat yang ketiga adalah dengan berkumur menggunakan seperempat sendok garam yang dicampurkan dengan air putih sebanyak 2-3 kali dalam sehari
  4. Bawang Putih
    Anda bisa mengkonsumsi bawang putih untuk mengobati radang tenggorokan, memang bawang putih yang dimakan tanpa campuran memiliki rasa yang aneh namun hal ini terbukti ampuh untuk mengatasi radang tenggorokan
  5. Perbanyak Minum Air Putih
    Cara kelima memang terdengar sangat mudah dilakukan, faktanya dengan banyak minum air putih akan membuat tenggorokan lebih nyaman.

Sekilas tentang Radang Tenggorokan

Dalam istilah kesehatan radang tenggorokan juga dikenal dengan istilah faringitis streptokokus, penyakit yang disebabkan oleh virus dan bakteri ini membuat penderitanya mengalami infeksi pada bagian tenggorokan.

Umumnya saat seseorang mengalami radang tenggorokan akan merasakan gatal-gatal dan perasaan kurang nyaman saat makan maupun minum.

Penyakit radang tenggorokan dapat menular melalui kontak langsung dengan penderitanya seperti memakai sikat gigi penderitanya. Penularan akan lebih cepat terjadi apabila terjadi aktivitas yang melibatkan air liur maupun lender dari orang yang terkena radang tenggorokan.

Gejala Radang Tenggorokan

Baca Juga: Waspada, Radang Tenggorokan Tak Sembuh-sembuh Bisa Bikin Psoriasis Kambuh

Umumnya munculnya radang tenggorokan akan ditandai dengan beberapa gejala, berikut adalah beberapa gejala kemunculan radang tenggorokan:

Komentar