alexametrics

5 Manfaat Tidur Tanpa Bantal, Bisa Dicoba Malam Ini

Yasinta Rahmawati | Fita Nofiana
5 Manfaat Tidur Tanpa Bantal, Bisa Dicoba Malam Ini
Ilustrasi bangun tidur (Shutterstock)

Tidur tanpa bantal ternyata memiliki manfaat tersendiri untuk kesehatan.

Suara.com - Umumnya, orang memang tidur menggunakan bantal sebagai alas kepala. Seolah kalau tidur tanpa bantal terasa ada yang kurang. 

Padahal melansir dari Healthshots, tidur tanpa bantal memiliki manfaat sendiri untuk kesehatan. Berikut beberapa manfaat tidur tanpa menggunakan bantal, antara lain: 

1. Mengurangi nyeri leher dan punggung

Menurut Healthshots, tidur tanpa menggunakan bantal bisa mengurangi nyeri leher dan punggung. Hal ini disebabkan karena kepala tidak lebih tinggi dari tubuh saat Anda tertidur tanpa menggunakan bantal. 

Baca Juga: Tempat Tidur RS Rujukan Covid-19 di Lampung Diperbanyak, Ini Alasannya

2. Meredakan sakit kepala

Tidur tanpa bantal membantu Anda bangun dengan perasaan segar karena bisa membantu meredakan sakit kepala.

3. Melawan jerawat dan kerutan

Tidur dengan bantal dapat menyebabkan jerawat atau kerutan karena lama-kelamaan sarung bantal bisa menumpuk kotoran dan minyak yang berpindah ke kulit. Hal ini yang kemudian bisa menyumbat pori-pori dan menyebabkan jerawat.

4. Kualitas tidur yang lebih baik

Baca Juga: Waspada, Tidur Mendengkur Jadi Tanda Masalah Hipertensi!

Tidur tanpa bantal memungkinkan seseorang berada dalam posisi alami dan membantu tulang belakang, leher, dan punggung beristirahat secara merata di sepanjang lekukan alami tubuh. 

Ilustrasi Tidur Cukup. (Shutterstock)
Ilustrasi Tidur Cukup. (Shutterstock)

5. Mengurangi stres

Tidur tanpa bantal, tubuh beristirahat dalam posisi alami sehingga mengurangi nyeri leher dan punggung. Kondisi ini yang kemudian menurunkan tingkat stres dan memfasilitasi tidur yang lebih baik.

Untuk memulai tidur tanpa bantal, awalnya Anda mungkin akan merasa sedikit kesulitan. Namun lama kelamaan akan terasa nyaman. Untuk pertama kali Anda bisa memposisikan kain terlipat di bawah leher saat meletakkan kepala di atas tempat tidur. 

Komentar