alexametrics

Selain Amerika, Ini 4 Negara yang Sudah Bebas Masker

Yasinta Rahmawati
Selain Amerika, Ini 4 Negara yang Sudah Bebas Masker
Ilustrasi memakai masker. (Pexels)

Kapan Indonesia akan bebas masker seperti negara-negara berikut ini?

Suara.com - Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit AS (CDC) telah mengumumkan bahwa orang Amerika yang sudah vaksinasi penuh tidak perlu memakai masker saat mereka berada di luar ruangan.

Dengan catatan, jika mereka sedang sendirian atau dalam kelompok kecil orang yang juga sudah divaksinasi. Masker juga harus tetap dikenakan saat berada di tempat ramai seperti transportasi umum dan acara olahraga.

Hal ini tak terlepas dari upaya pemerintah AS dalam vaksinasi. Pada Mei lalu, dikutip dari CNBC, dilaporkan lebih dari 151 juta orang Amerika berusia 18 dan lebih tua atau 58,7% dari populasi orang dewasa AS, telah menerima setidaknya satu dosis vaksin Covid-19.

Selain itu, sekitar 116 juta orang dewasa Amerika, atau 45,1% dari populasi orang dewasa AS, telah divaksinasi penuh, menurut CDC.

Baca Juga: Pasien Tambah Terus, RSD Wisma Atlet Kini Tampung 2.278 Orang Terpapar Covid-19

Nah selain Amerika, berikut adalah negara-negara yang telah berhasil melawan pandemi sekarang bebas masker, dirangkum dari Insider.

1. Israel

Israel adalah negara pertama yang menghapus aturan wajib masker karena menyatakan dirinya bebas Covid-19 pada bulan April. Dilaporkan 70% populasi Israel telah divaksinasi. Negara itu pun melaporkan tidak ada kasus Covid-19 baru sejak 24 April karena tindakan lockdown mengekang infeksi.

Ilustrasi perempuan memakai masker. (Shutterstock)
Ilustrasi perempuan memakai masker. (Shutterstock)

2. Bhutan

Meskipun negara ini berbatasan dengan India dan China, Bhutan tidak pernah benar-benar terkena pandemi. Bhutan adalah salah satu negara tercepat untuk memvaksinasi, karena memvaksinasi 90% populasinya hanya dalam dua minggu.

Baca Juga: Pemalsu Surat Bebas Covid-19 di Pekanbaru Ditangkap

Bhutan juga merupakan salah satu negara pertama yang dinyatakan bebas masker dan bebas Covid-19 tanpa melakukan lockdown. Negara ini melaporkan 1.309 kasus Covid-19 dan hanya 1 kematian.

Komentar