alexametrics

Bukan Cuma Fisik, Ini Manfaat Bersepeda Untuk Kesehatan Mental

Bimo Aria Fundrika | Dian Kusumo Hapsari
Bukan Cuma Fisik, Ini Manfaat Bersepeda Untuk Kesehatan Mental
Ilustrasi bersepeda santai sambil menikmati pemandangan alam. (Unsplash/@musicfox)

Bersepeda adalah aktivitas multidimensi. Artinya tidak hanya sebagai moda transportasi tetapi bersepeda sebagai aktivitas rutin juga memiliki berbagai manfaat kesehatan.

Suara.com - Selama pandemi, berolahraga rutin sepertinya harus menjadi kebiasaan baru demi hidup yang lebih sehat dan berkualitas. Salah satu tren yang juga tengah digemari di masyarakat ialah olahraga bersepeda.

Bersepeda adalah aktivitas multidimensi. Artinya tidak hanya sebagai moda transportasi tetapi bersepeda sebagai aktivitas rutin juga memiliki berbagai manfaat kesehatan. Selain itu, seeda juga moda transportasi yang bersih dan ramah lingkungan. Berikut beberapa manfaat bersepeda dilansir melalui news18 :

Peningkatan kesehatan Kardiovaskular

Banyak ahli percaya bahwa bersepeda sebagai aktivitas rutin dapat membantu Anda meningkatkan kesehatan jantung dan meminimalkan risiko masalah jantung yang parah.

Baca Juga: Kirim Voice Note Lebih Menyehatkan Mental daripada Pesan Ketik, Masak Sih?

Ilustrasi aktivitas bersepeda. (Shutterstock)
Ilustrasi aktivitas bersepeda. (Shutterstock)

Menurut Medicalnewstoday.com, bersepeda sebagai olahraga teratur juga dapat menjaga tingkat tekanan darah Anda tetap terkendali. Darah tinggi atau hipertensi meningkatkan risiko Anda memiliki masalah kesehatan terkait jantung.

Bersepeda adalah olahraga yang sangat baik untuk orang-orang yang ingin menurunkan berat badan ekstra dari tubuh mereka. Satu jam bersepeda yang baik dapat membantu Anda membakar 400 hingga 1000 kalori, tergantung pada intensitas dan berat pengendara.

Peningkatan Kesehatan Paru-paru

Melakukan bersepeda secara teratur dapat membantu Anda meningkatkan kesehatan paru-paru Anda. Sifat siklus dan ritmis bersepeda sangat bermanfaat bagi paru-paru. Saat bersepeda, paru-paru terus-menerus disuplai dengan oksigen segar, dan tingkat pernapasan yang lebih tinggi mengembangkan otot-otot di sekitarnya. Paru-paru yang sehat dapat menyerap lebih banyak udara yang kaya oksigen karena ia mengedarkan lebih banyak udara ke seluruh paru-paru.

Peningkatan Kekuatan Kaki

Baca Juga: Yuk Saling Memaafkan di Hari Raya, Bisa Bermanfaat bagi Fisik dan Mental

Bersepeda secara teratur meningkatkan fungsi keseluruhan tubuh bagian bawah Anda dan memperkuat otot-otot kaki Anda tanpa membebani mereka. Ini menargetkan paha depan, glutes, paha belakang, dan betis Anda.

Komentar