alexametrics

Infeksi Jamur Hitam, Dokter Terpaksa Operasi Angkat Mata 3 Anak

Yasinta Rahmawati | Shevinna Putti Anggraeni
Infeksi Jamur Hitam, Dokter Terpaksa Operasi Angkat Mata 3 Anak
Ilustrasi pasien infeksi jamur (Pixabay/educadormarcossv)

Seorang dokter terpaksa mengangkat mata anak-anak untuk menghentikan infeksi jamur hitam menjalar.

Suara.com - Infeksi jamur hitam atau mucormycosis telah menyebabkan epidemi dalam pandemi virus corona Covid-19 di India. Sejauh ini, sudah lebih dari 10 ribu kasus infeksi jamur hitam yang dilaporkan.

Padahal, varian virus corona Covid-19 yang terdeteksi di India merupakan varian Delta yang tengah menjadi perhatian. Infeksi jamur hitam di tengah penyebaran varian Delta pastinya menambah kegentingan.

Apalagi, infeksi jamur hitam ini cukup mematikan bagi orang yang menderita diabetes tak terkontrol meskipun bisa menyerang siapa pun, termasuk pasien virus corona Covid-19.

Karena, orang dengan sistem kekebalan tubuh lemah, seperti penderita diabetes juga berisiko meninggal dunia Akibat infeksi jamur hitam. Operasi pengangkatan mata, gigi dan jaringan lain yang terinfeksi di wajah termasuk prosedur medis standar untuk mengatasi infeksi jamur hitam.

Baca Juga: Waspada, Orang yang Sudah Vaksin Covid-19 Bisa Punya Gejala Lain Bila Terinfeksi!

Operasi pengangkatan organ pada wajah itu termasuk cara paling efektif mencegah infeksi jamur hitam menjalar hingga mencapai otak dan menyebabkan kematian.

Ilustrasi virus Corona Covid-19. (Dok. Envato)
Ilustrasi infeksi jamur. (Dok. Envato)

Baru-baru ini, seorang dokter di India pun terpaksa melakukan operasi pengangkatan mata pada 3 anak, usia 4 tahun, 6 tahun dan 14 tahun di Mumbai. Anak usia 14 tahun itu menjadi satu-satunya pasien infeksi jamur yang menderita diabetes. Dokter mengatakan mata anak itu menghitam dalam waktu 48 jam.

"Jamur juga menyebar ke hidung. Untungnya, infeksi jamur itu tidak mencapai otak. Kami merawatnya selama 6 minggu. Tapi, sayangnya dia harus rela kehilangan matanya," kata Dr Jesal Sheth, konsultan senior dokter anak di Rumah Sakit Fortis dikutip dari The Sun.

Seorang anak lainnya yang berusia 16 tahun di rumah sakit sama, juga menjadi penderita diabetes setelah terinfeksi virus corona Covid-19. Anak itu juga didiagnosis menderita infeksi jamur di bagian perutnya.

"Sebulan lalu, anak itu sempat terlihat sehat. Dia sembuh dari virus corona dan tidak memiliki riwayat penyakit diabetes. Tapi, mendadak ia menderita diabetes dan ususnya mulai berdarah. Kami melakukan angiografi dan menemukan ada jamur hitam di perutnya," jelasnya.

Baca Juga: CDC Peringatkan Ancaman Penyakit RSV Usai Pandemi Covid-19, Apa Itu?

Kasus infeksi jamur hitam juga ditemukan pada anak-anak yang lebih kecil di Rumah Sakit Mata dan THT KBH Bachooali Mumbai. Dr Prithesh Shetty, seorang dokter mata di rumah sakit, mengatakan jamur hitam menyebar di mata mereka dan bisa berakibat fatal bila dokter tidak mengangkat matanya.

Komentar