alexametrics

Studi: Menyalahkan Pandemi saat Stres Ternyata Baik bagi Hubungan Percintaan

Yasinta Rahmawati | Fita Nofiana
Studi: Menyalahkan Pandemi saat Stres Ternyata Baik bagi Hubungan Percintaan
Ilustrasi Pasangan Kekasih. (pexels.com/C Technical)

Menyalahkan beban dan stres kepada pandemi lebih baik untuk hubungan Anda.

Suara.com - Menyalahkan pandemi atas berbagai masalah hidup Anda yang membuat stres mungkin bisa membantu meringankan hubungan Anda. Dalam hal ini, penelitian menunjukkan bahwa pasangan-pasangan yang menyalahkan pandemi karena stres ternyata lebih bahagia dalam hubungan mereka. 

Melansir dari Healthshots, penelitian telah mengungkapkan bahwa pasangan romantis sering memiliki ledakan emosi ketika mereka stres. Mereka cenderung menyalahkan satu sama lain. 

"Karena kesadaran ini, ketika stresor besar terjadi, pasangan romantis mungkin lebih kecil kemungkinan untuk saling menyalahkan karena masalah mereka dan lebih cenderung menyalahkan stressor yang dapat mengurangi efek berbahaya dari tekanan pada hubungan," kata Lisa Neff, Associate Professor di Universitas Texas di Austin dan salah satu penulis penelitian ini.

Para peneliti menganalisis data yang dikumpulkan dari 191 peserta selama minggu-minggu awal pandemi dan lagi tujuh bulan kemudian.

Baca Juga: Indro Warkop Masih Bisa Kena Covid-19, Padahal Merasa Sudah Patuh Prokes

Temuan ini menyarankan bahwa meskipun pasangan kurang bahagia dalam suatu hubungan,  efek berbahaya dari stres lebih lemah di antara orang-orang yang menyalahkan pandemi.

Ilustrasi Pasangan Berkomitmen. (pexels.com/Jasmine Carter)
Ilustrasi Pasangan Berkomitmen. (pexels.com/Jasmine Carter)


"Beberapa orang berkumpul dan mereka berkata, bahwa ini adalah situasi yang membuat stres dan kita akan mengatasi hal ini bersama dan kita tidak akan saling menyalahkan untuk hal-hal yang sulit ini," kata Marci Glease, associate Profesor Pengembangan Manusia dan Ilmu Keluarga di UT Austin.

Para peneliti berpandangan bahwa menyalahkan pandemi mungkin turun seiring waktu. Tetapi semua stres adalah sesuatu yang dapat ditangani dalam berhubungan tertama dengan komunikasi yang baik. 

Komentar