alexametrics

Mengenal Masker N95 Serta Bedanya dengan Masker KN95 dan KF94

Rifan Aditya
Mengenal Masker N95 Serta Bedanya dengan Masker KN95 dan KF94
Mengenal Masker N95 Serta Bedanya dengan Masker KN95 dan KF94 - Jenis Masker N95. (Pexels)

Apa itu masker N95? Apa beda masker N95 dengan KN95 dan KF94?

Suara.com - Penggunaan masker kini menjadi kebutuhan primer selama pandemi covid-19. Berbagai jenis masker juga tersedia di pasaran. Selain masker kain dan medis, ada masker N95, KN95, serta KF94. Apa itu masker N95? Apa beda masker N95 dengan KN95 dan KF94?

Ternyata peruntukan beberapa jenis masker ini berbeda-beda. Spesifikasi masker N95 berbeda dengan KN95 dan KF94.

Nah, sekarang, mari kita sedikit mengulas tentang masker N95 yang banyak digunakan tenaga kesehatan dan garda terdepan penanganan Covid-19. Mengapa masker medis jenis ini jadi pilihan? Mari simak pembahasannya berikut.

Masker N95

Baca Juga: Menggunakan Masker KF94, Masih Perlukah Dirangkap Masker Kain?

Mengutip dari CNet, berikut ini dua spesifikasi masker N95: 

  • Masker N95 memiliki kemampuan menyaring butiran aerosol hingga 95% secara umum.
  • Kemampuan penyaringan masker medis ini cukup baik, yakni mencapai titik 0,3 mikron.

Tapi bukankah partikel virus Covid-19 memiliki ukuran 0,1 mikron? Benar, hal tersebut bukanlah satu kesalahan. Namun demikian, virus ini sangat jarang bisa keluar dengan sendirinya dari tubuh manusia.

Biasanya virus Covid-19 ini keluar bersama droplet atau butiran air yang muncul saat berbicara, bersin, atau bahkan bernafas. Nah, droplet ini memiliki ukuran 0,3 mikron atau lebih besar, jadi masker N95 bisa membantu mengurangi dan meminimalisir resiko penularan virus tersebut.

Ilustrasi masker N95. (Unsplash)
Ilustrasi masker N95. (Unsplash)

Kegunaan masker N95

Masker N95 sendiri sebenarnya lebih direkomendasikan untuk tenaga kesehatan dan mereka yang melakukan kontak erat dengan pasien Covid-19. Hal ini karena jenis masker medis ini bisa sangat membantu mengurangi droplet yang keluar, sehingga meminimalisir resiko penularan.

Baca Juga: Alhamdulillah, Nakes di Jawa Barat Dapat Bantuan Alat Tempur untuk Lawan COVID-19

Kegunaan N95 bagi orang yang sehat, akan mengurangi resiko menghirup droplet yang mengandung virus. Sementara bagi yang terjangkit, bisa membantu mencegah penularan melalui droplet.