alexametrics

6 Cara Menurunkan Kolesterol Jahat yang Efektif

Rifan Aditya
6 Cara Menurunkan Kolesterol Jahat yang Efektif
6 Cara Menurunkan Kolesterol Jahat yang Efektif. (Shutterstock)

Berikut ulasan lengkap cara menurunkan kolesterol yang harus kamu ketahui dikutip dari beberapa situs kesehatan.

Suara.com - Kolesterol yang tinggi dapat menjadi akar permasalahan berbagai penyakit serius. Saat menyadari kadar kolesterol dalam tubuh terlampau tinggi, ada baiknya segera lakukan cara menurunkan kolesterol yang tepat. Hal ini penting diwaspadai agar terhindar dari penyakit kardiovaskular yang membahayakan.

Utamanya, cara menurunkan kolesterol secara alami adalah dengan menerapkan pola makan dan gaya hidup yang sehat. Dikutip dari National Heart, Lung, and Blood Institute (NHLBI), gaya hidup tak sehat adalah penyebab utama kolesterol tinggi. Namun ada penyebab lainnya seperti genetika, kondisi medis tertentu, dan obat-obatan.

Berikut ulasan lengkap cara menurunkan kolesterol yang harus kamu ketahui dikutip dari beberapa situs kesehatan.

1.       Hindari Makanan Lemak Tinggi

Baca Juga: Hits Health: Obat Kolesterol untuk Pasien Covid-19, Berapa Lama Anosmia Hilang?

Makanan yang berlemak menjadi musuh bagi pengidap kolesterol tinggi. Alangkah baiknya pilih makanan rendah lemak, seperti ikan, ayam, daging sapi tanpa lemak, kacang-kacangan, tahu, putih telur, dan tempe. Cara mengolahnya pun harus menghindari digoreng dengan minyak.

Untuk meningkatkan kolesterol baik, hendaknya konsumsi makanan lemak tak jenuh yang membantu menurunkan kolesterol jahat di dalam pembuluh darah. Dikutip dari Medine Plus, lemak tak jenuh mampu menjaga perkembangan sel-sel dalam tubuh. Temukan lemak tak jenuh pada tumbuh-tumbuhan, seperti minyak sayur, minyak zaitun, dan sebagainya.

2.       Batasi Konsumsi Gula

Konsumsi gula yang berlebihan dapat meningkatkan trigliserida, yaitu jenis lemak berupa kalori tak terpakai. Saat trigliserida naik, kolesterol pun akan mengikuti. Hindari terlalu banyak konsumsi gula dan makanan dengan kandungan gula tinggi, tak terkecuali nasi.

3.       Perbanyak konsumsi sayur dan buah

Baca Juga: 5 Bahaya Terlalu Banyak Makan Daging Sapi

Salah satu cara terbaik menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh yaitu dengan memperbanyak konsumsi sayur dan buah. Kandungan serat yang tinggi dalam sayur dan buah efektif melarutkan kadar kolesterol jahat (low density lipoprotein/LDL). Dilansir dari Health Line, serat yang mampu menyerap kolesterol ke dalam tubuh, mengandung bakteri baik bernama probiotik.

Komentar