alexametrics

Adakah Efek Jangka Panjang Vaksin Covid-19? Ini Kata Ahli!

Yasinta Rahmawati | Shevinna Putti Anggraeni
Adakah Efek Jangka Panjang Vaksin Covid-19? Ini Kata Ahli!
Ilustrasi Vaksin Covid-19. [Pixabay/PhotoLizM]

Vaksin Covid-19 memang menyebabkan sejumlah efek samping, tapi banyak orang mulai mempertanyakan efek jangka panjangnya.

Suara.com - Saat ini, vaksin Covid-19 telah terbukti efektif mengatasi virus corona Covid-19 dengan mengurangi tingkat keparahan infeksi, jumlah kasus rawat inap dan menurunksn risiko kematian.

Suntik vaksin Covid-19 memang bisa menimbulkan sejumlah efek samping, seperti kelelahan, demam, rasa sakit dan pegal di area lengan yang disuntik. Tapi, beberapa orang mungkin mempertanyakan efek jangka panjang vaksin Covid-19.

Karena, banyak orang ragu suntik vaksin Covid-19 akibat efek samping langka yang meliputi miokarditis, radang jantung, pembekuan darah dan komplikasi neurologis.

Tapi, para ilmuwan dan pakar medis terus mendukung bahwa vaksin Covid-19 ini aman digunakan untuk menurunkan risiko infeksi virus corona Covid-19.

Baca Juga: Musim Hujan Tingkatkan Risiko Koinfeksi Covid-19 dan Demam Berdarah, Ini Dampaknya

Pada dasarnya, mereka menegaskan bahwa kalau manfaat vaksin Covid-19 lebih besar daripada risikonya, termasuk efek jangka panjangnya.

Ilustrasi Vaksin Covid-19 (Pexels/Gustavo)
Ilustrasi Vaksin Covid-19 (Pexels/Gustavo)

Karena dilansir dari Times of India, vaksin Covid-19 ini sudah melalui banyak penelitian, pengembangan dan uji klinis yang sama seperti vaksin lainnya. Vaksin Covid-19 ini berfungsi memperkuat pertahanan kekebalan tubuh dan mengurangi risiko infeksi.

Beberapa jenis vaksin Covid-19 telah terbukti efektif dan mampu memberikan perlindungan terhadap virus corona dalam jangka panjang. Hasil evaluasi terbaru menunjukkan vaksin mRNA yang menggunakan menggunakan prototipe untuk membuat fragmen tidak berbahaya yang mirip dengan protein virus corona lebih kuat daripada vaksin Covid-19 lainnya.

Saat ini, ada lebih banyak vaksin Covid-19 yang sedang dikembangkan dan para ilmuwan juga sedang mengembangkan vaksin Covid-19 yang bisa melawan semua jenis varian virus corona.

Meski begitu, ada efek samping jangka panjang yang bisa dialami beberapa orang setelah suntik vaksin Covid-19. Efek jangka panjang itu termasuk sindrom Guillain-Barre, pembekuan darah, miokarditis atau anafilaksis.

Baca Juga: Bantah Covid-19 Buatan Manusia, Ini Penjelasan Peneliti China Soal Asal Usul Virus Corona

Sebagian besar efek samping itu muncul beberapa minggu setelah vaksinasi. Karena itu, muncul beberapa argumen orang yang anti-vaksin bahwa vaksin Covid-19 tidak aman digunakan dalam jangka panjang.

Komentar