alexametrics

Merasa Lelah Terus-menerus, 5 Tips Berikut Bisa Membantu

Rima Sekarani Imamun Nissa | Fita Nofiana
Merasa Lelah Terus-menerus, 5 Tips Berikut Bisa Membantu
Ilustrasi kelelahan. [Shutterstock]

Berikut lima hal yang perlu Anda perhatikan saat merasa lelah terus menerus.

Suara.com - Tak melakukan kerja berat, namun merasa lelah? Hal ini mungkin disebabkan oleh berbagai aspek yang pengaruhi kesehatan Anda. 

Melansir dari Insider, ada banyak penyebab kantuk dan kelelahan. Entah itu kurang tidur, kualitas tidur yang buruk, kekurangan nutrisi, dan lain sebagainya. Oleh karena itu, untuk membantu Anda berikut lima tips membantu meredakan kelelahan, antara lain:

1. Pastikan Anda Cukup Tidur

Jika Anda merasa lelah sepanjang hari, pertama-tama Anda harus menilai apakah Anda cukup tidur setiap malam. Menurut National Sleep Foundation, kebanyakan orang dewasa harus mendapatkan tujuh hingga sembilan jam tidur, sementara anak-anak membutuhkan lebih banyak tergantung pada usia mereka. 

Baca Juga: 10 Hal yang Bisa Terjadi pada Tubuh saat Kurang Tidur

"Selain jam tidur, kualitas tidur juga sama pentingnya," kata Rajkumar Dasgupta, MD, asisten profesor kedokteran klinis di Keck School of Medicine di University of Southern California. 

Gangguan tidur seperti sleep apnea dapat menyebabkan tidur terfragmentasi, mencegah Anda masuk ke tahap tidur yang lebih dalam, lebih restoratif yang dapat menyebabkan kantuk berlebihan di siang hari.

Ilustrasi Tidur
Ilustrasi Tidur


"Jika Anda berpikir bahwa kurang tidur atau kualitas tidur yang rendah adalah masalahnya, berpegang teguh pada rutinitas tidur yang mungkin bisa membantu," kata Stephanie Stahl, MD, seorang dokter obat tidur di Indiana University Health. 

2. Perbaiki Pola Makan dan Nutrisi

Jika Anda tidak mendapatkan nutrisi yang cukup setiap hari atau tidak minum cukup air, itu mungkin bagian dari alasan mengapa Anda selalu merasa lelah.

Baca Juga: 7 Tips Agar Kamu Tetap Sehat saat Musim Pancaroba

Departemen Kesehatan Amerika Serikat merekomendasikan pria dewasa mengonsumsi 2.000 hingga 3.000 kalori per hari dan wanita dewasa mengonsumsi 1.600 hingga 2.400 kalori per hari, tergantung pada usia dan tingkat aktivitas. Anda juga perlu konsumsi protein, karbohidrat,  perbanyak cairan dan membatasi makanan olahan. 

Komentar