alexametrics

Pakai Masker Ganda vs Masker N95, Manakah yang Lebih Baik?

Arendya Nariswari | Shevinna Putti Anggraeni
Pakai Masker Ganda vs Masker N95, Manakah yang Lebih Baik?
ilustrasi masker ganda (Dok. Envato)

Saat ini, semua orang disarankan memakai masker ganda atau masker N95 sebagai tindakan perlindungan yang lebih kuat terhadap virus corona.

Suara.com - Di tengah pandemi virus corona Covid-19 yang belum berakhir, Munculnya berbagai varian virus corona membuat kita harus melindungi diri lebih ketat dalam memakai masker. Apalagi, ada laporan bahwa beberapa varian virus corona ini lebih mudah menular.

Meskipun sejumlah negara telah melakukan program vaksinasi. Tapi, para ahli tetap menyarankan semua orang melakukan perlindungan yang lebih kuat, seperti menggunakan masker ganda atau memakai masker N95.

Saat ini, vaksin Covid-19 memang sudah terbukti mampu menurunkan risiko tertular dan infeksi parah Akibat virus corona Covid-19. Tapi, memakai masker merupakan bentuk perlindungan dasar terbaik yang tetap harus dilakukan semua orang, termasuk orang yang sudah vaksin Covid-19.

Karena, vaksin Covid-19 memberikan tingkat perlindungan yang berbeda-beda pada setiap orang. Selain itu dilansir dari Times of India, vaksin Covid-19 ini bekerja untuk menurunkan risiko Anda tertular virus corona, sehingga bukan sepenuhnya membuat Anda kebal.

Baca Juga: Waspada! 3 Kelompok Paling Berisiko Terinfeksi Virus Corona Varian Delta

Oleh sebab itu, Anda masih perlu memakai masker dan melakukan jaga jarak sosial untuk membuat vaksin Covid-19 bekerja lebih efisien. Para ahli pun mulai menganalisis perbedaan antara tingkat efektivitas masker ganda dan penggunaan masker N95.

Ilustrasi masker N95. (Unsplash)
Ilustrasi masker N95. (Unsplash)

Penggunaan masker ganda, artinya seseorang menggunakan dua buah masker sekaligus. Penggunaan masker dengan cara ini sudah lama dilakukan oleh para tenaga medis dan sudah terbukti lebih efektif mencegah penularan virus corona melalui cairan pernapasan.

Secara medis, memakai masker ganda dapat menciptakan penghalang yang lebih kuat untuk menghentikan virus masuk dan menyebarkan infeksi virus tersebut. Cara ini juga lebih ekonomis bagi orang-orang yang hanya mampu menggunakan masker kain.

Namun, para ahli mengatakan kombinasi terbaik dari pemakaian masker ganda yang lebih efektif mengurangi risiko adalah Anda menggunakan masker bedah dan menimpanya lagi pakai masker kain.

Sementara itu, masker N95 sendiri sudah mulai digunakan sejak awal pandemi virus corona Covid-19 oleh beberapa orang. Karena, penggunaan satu masker N95 lebih baik dari masker bedah yang mampu menyaring virus masuk ke mulut dan saluran hidung hingga 95 persen.

Baca Juga: Virus Corona Covid-19 vs Norovirus, Begini Cara Membedakan Gejalanya

Masker N95 memang menawarkan tingkat perlindungan yang lebih tinggi dibandingkan jenis masker medis lainnya. Penggunaan masker N95 biasanya direkomendasikan bagi orang-orang yang berisiko tinggi tertular virus corona Covid-19.

Komentar