alexametrics

Pulih dari Virus Corona Covid-19, Begini Cara Atasi Batuk Kering dan Berdahak!

Arendya Nariswari | Shevinna Putti Anggraeni
Pulih dari Virus Corona Covid-19, Begini Cara Atasi Batuk Kering dan Berdahak!
Ilustrasi batuk. (Shutterstock)

Banyak pasien virus corona Covid-19 tetap mengalami batuk kering atau berdahak setelah pulih.

Suara.com - Banyak pasien virus corona Covid-19 mengalami efek berkepanjangan setelah sembuh. Pasca pemulihan Covid-19, beberapa pasien bisa mengalami batuk kering atau batuk basah.

Menurut Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC), pasien virus corona Covid-19 ringan hingga sedang biasanya sembuh dalam 10 hari. Sedangkan, pasien dengan infeksi parah hingga kritis biasanya membutuhkan waktu 20 hari untuk pulih.

Tapi, pasien bisa kembali menjalani rutinitas hariannya secara normal tergantung pada kerusakan paru-paru dan jaringannya. Orang yang telah menderita penyakit kronis sebelum terinfeksi virus corona Covid-19 mungkin akan melalui waktu yang lebih lama.

Meskipun Anda sudah tak sabar menjalani rutinitas harian dan merasa sehat, tubuh Anda tetap masih rentan terhadap penyakit atau infeksi penyakit lainnya.

Baca Juga: Terungkap, Ternyata AS Danai Laboratorium Wuhan Untuk Riset Virus Corona

Anda bisa saja mengalami infeksi ulang virus corona Covid-19. Karena itu, konsultasikan dengan dokter mengenai lamanya waktu Anda perlu isolasi mandiri setelah sembuh.

Ilustrasi virus corona Covid-19, batuk (Pixabay/mohamed_hassan)
Ilustrasi virus corona Covid-19, batuk (Pixabay/mohamed_hassan)

Karena, Anda memang harus terus melalukan isolasi mandiri sampai pulih dari virus corona sekaligus mengobati batuk kering atau basah akibat Covid-19. Jika Anda mengalami batuk berat, Anda harus berkonsultasi dengan dokter.

Namun dilansir dari Times of India, beberapa hal di bawah ini bisa membantu meredakan batuk kering atau batuk basah setelah pulih dari virus corona Covid-19.

1. Istirahat penuh

Anda bisa istirahat lebih lama setelah pulih dari Covid-19 untuk meredakan batuk, sebelum kembali ke rutinitas sekolah atau pekerjaan kantor. Jika tenggorokan penuh dengan dahak, cobalah tidur dalam posisi miring daripada telentang karena akan membantu mengeluarkan dahak dalam tenggorokan.

Baca Juga: Waspada, Bersin Jadi Gejala Umum Covid-19 pada Orang yang Sudah Vaksinasi

2. Latihan pernapasan

Komentar