alexametrics

Tingkatkan Kolesterol Baik, Konsumsi 3 Jenis Makanan Berikut

Yasinta Rahmawati | Fita Nofiana
Tingkatkan Kolesterol Baik, Konsumsi 3 Jenis Makanan Berikut
Kacang mete [shutterstock]

Berikut tiga asupan yang bisa membantu Anda meningkatkan kadar kolesterol baik.

Suara.com - Tak semua kolesterol buruk, sebab ada kolesterol yang nyatanya baik bagi kesehatan. High-density lipoprotein (HDL) adalah kolesterol baik yang bisa  membantu menghilangkan kolesterol ekstra dan penumpukan plak di arteri. 

Melansir dari Healthshot, kolesterol baik memfasilitasi transfer penumpukan plak ke jantung.  Fungsi ini mengurangi risiko penyakit jantung dan penyakit terkait.

Kadar HDL idealnya harus sekitar 60 miligram/desiliter (mg/dL) atau lebih, dan tidak boleh turun di bawah 40 mg/dL. Selain faktor medis seperti obesitas, diabetes, dan merokok, pola makan juga berperan besar dalam menentukan kadar HDL.

Berikut tiga jenis makanan yang bisa meningkatkan kadar kolesterol baik, antara lain: 

Baca Juga: Dijuluki Nenek Terseksi, Model Lingerie Berusia 65 Tahun Bongkar Rahasia Tetap Bugar

1. Polong-polongan 

Ilustrasi buncis. (Sumber: Shutterstock)
Ilustrasi buncis. (Sumber: Shutterstock)


Polong seperti buncis, lentil, dan kedelai mengandung zat besi dalam jumlah tinggi. Kaempferol adalah antioksidan yang ditemukan dalam kacang-kacangan dan telah terbukti memberikan manfaat kesehatan seperti mengurangi peradangan kronis. 

Mereka juga merupakan sumber folat, magnesium, dan potasium yang baik dan dapat membantu mengurangi risiko penyakit jantung dan menurunkan kadar kolesterol LDL yang merusak dan meningkatkan kadar HDL.

Kacang-kacangan jenis ini tidak hanya akan meningkatkan kadar kolesterol baik tetapi juga menurunkan kolesterol jahat. 

2. Kacang-kacangan dan Biji-bijian

Baca Juga: Jarang Diketahui, Ini 4 Khasiat Minyak Alpukat bagi Kesehatan Kulit

Kacang seperti walnut, almond, dan kacang mete merupakan sumber asam folat yang baik. Mereka juga mengandung magnesium, zat besi dan lemak tak jenuh tunggal yang meningkatkan kadar gula darah dan meningkatkan tingkat energi.