alexametrics

Tak Perlu Dimasak, 6 Asupan Berikut Lebih Baik Dikonsumsi saat Mentah

Yasinta Rahmawati | Fita Nofiana
Tak Perlu Dimasak, 6 Asupan Berikut Lebih Baik Dikonsumsi saat Mentah
Ilustrasi Makan Sehat. (Shutterstock)

Berikut lima asupan yang baiknya Anda konsumsi dalam kondisi mentah.

Suara.com - Beberapa makanan sehat bisa kehilangan nutrisi saat dimasak. Karena itu, Anda perlu mengawasi makanan mana yang membawa lebih banyak nutrisi jika tidak dimasak. 

Melansir dari Healthshots, berikut makanan sehat yang sebaiknya tak perlu Anda masak untuk mendapatkan nutrisi yang lengkap, antara lain:

1. Kacang

Kacang kaya akan vitamin dan mineral, sehingga terkait dengan berbagai manfaat kesehatan. Dari makanan penutup hingga minuman, kacang dapat menjadi tambahan.

Baca Juga: 10 Jenis Makanan Peningkat Daya Tahan Tubuh Untuk Cegah Covid-19

Jika kacang dipanaskan, kandungan kalori dan lemaknya meningkat. Karena itu, Anda harus mengonsumsinya mentah.

Mengkonsumsi kacang mentah seperti almond, mete, hazelnut, atau pecan menawarkan magnesium dan zat besi yang sangat baik untuk tubuh Anda.

2. Brokoli

Ilustrasi Brokoli. (freepik)
Ilustrasi Brokoli. (freepik)

Sebagai makanan yang super, brokoli mengemas nutrisi padat dalam bentuk serat, protein, zat besi, magnesium, kalsium, selenium, magnesium, serta vitamin A, B, C, D, E, dan K. Dalam hal ini, brokoli paling baik bila dikonsumsi mentah.

Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Agriculture and Food Chemistry, orang yang mengonsumsi brokoli mentah menyerap sulforaphane lebih cepat dan dalam jumlah yang lebih tinggi, dibandingkan dengan orang yang mengonsumsinya dalam keadaan matang.

Baca Juga: Ngakak! Pesan Nasi Uduk via Ojol, Pria Ini Kaget Lihat Penampakan Telur yang Didapat

3. Kelapa