alexametrics

Jangan Bingung Lagi, Begini Cara Terbaik untuk Mencuci Buah dan Sayuran

Yasinta Rahmawati
Jangan Bingung Lagi, Begini Cara Terbaik untuk Mencuci Buah dan Sayuran
Ilustrasi buah dan sayur, diet. (Shutterstock)

FDA tidak menyarankan untuk mencuci buah dan sayuran dengan sabun cuci piring maupun deterjen.

Suara.com - Mengonsumsi buah dan sayuran sangat baik untuk kesehatan. Namun sebelum mengonsumsi atau mengolahnya, mencuci buah dan sayuran harus dilakukan.

Sebab mikroba patogen bisa saja menempel pada buah dan sayuran segar. Selain itu, residu pestisida yang masih tertinggal bisa membawa efek kesehatan yang negatif.

Lantas bagaimana cara yang tepat mencuci buah dan sayuran?

Dilansir dari The Health, The US Food and Drug Administration (FDA) tidak menyarankan buah-buahan dan sayuran dicucii dengan sabun cuci piring maupun deterjen.

Baca Juga: 8 Bahan Alami Anti Semut yang Ada di Dapur: Cuka hingga Garam

Sebab dikhawatirkan produk pembersih itu dapat terserap dalam buah-buahan dan sayuran. "Meskipun sudah dibilas secara menyeluruh, dapat membuat Anda sakit," kata badan tersebut.

Anda mungkin pernah mendengar bahwa cuka adalah salah satu cara untuk mencuci buah dan sayuran. Tapi dalam penelitian, ditemukan bahwa hasilnya memang sedikit berbeda berdasarkan jenis produk.

Ilustrasi mencuci sayuran. (Shutterstock)
Ilustrasi mencuci sayuran. (Shutterstock)

Misalnya, direndam dalam air keran sebelum dibilas secara signifikan mengurangi bakteri dalam apel, tomat, dan selada, tetapi tidak pada brokoli. Dan kadar bakteri pada permukaan selada setelah direndam dalam larutan lemon atau cuka tidak berbeda nyata dengan selada yang direndam dalam air keran dingin.

Secara keseluruhan, para ilmuwan menentukan bahwa sebelum dikonsumsi, pendekatan terbaik adalah mencuci buah dan sayuran di bawah air keran yang dingin dan mengalir, serta menggosok atau menyikatnya jika memungkinkan.

Namun selain mencucinya, ada tips penting lain untuk menjaga buah dan sayuran aman untuk dimakan. Pertama, pilih produk yang tidak memar atau rusak.

Baca Juga: 6 Alasan Cuka Apel Kudu Tersedia di dapur

Kedua, jauhkan buah dan sayuran dari daging mentah, unggas, dan makanan laut di keranjang belanjaan maupun saat dibungkus.

Komentar