facebook

Anak yang Kehilangan Orangtua Akibat Covid-19 Dilindungi Negara

Vania Rossa
Anak yang Kehilangan Orangtua Akibat Covid-19 Dilindungi Negara
Ilustrasi Anak Kehilangan Orangtua Akibat Covid-19 (Pixabay/educadormarcossv)

Pemerintah akan memberikan perlindungan dan bantuan anak-anak tersebut mampu melanjutkan hidup.

Suara.com - Hingga saat ini, jumlah orang meninggal dunia akibat Covid-19 di Indonesia mencapai 116 ribu. Di antara para korban meninggal dunia ini, tak sedikit yang meninggalkan anak-anak di bawah umur.

Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Johnny G Plate memastikan negara akan memberikan perlindungan kepada seluruh warga negara Indonesia, khususnya semua anak yang kehilangan orangtua akibat Covid-19.

"Perlindungan dan kesejahteraan anak merupakan prioritas utama pemerintah. Negara akan hadir untuk melindungi semua anak yang merupakan bagian penting dari masa depan bangsa ini," kata Menkominfo dalam siaran resmi, Minggu (15/8/2021).

Johnny menambahkan, pemerintah senantiasa berupaya memberikan perlindungan dan kesejahteraan anak dengan menjamin hak-haknya. Bagi anak-anak yang kehilangan orangtua karena Covid-19, pemerintah memberikan perlindungan dan bantuan agar mereka mampu melanjutkan hidup.

Baca Juga: Kehilangan Orang Tua Akibat Covid-19, 120 Anak di DIY Yatim Piatu

"Pemerintah melalui Kementerian Sosial memberikan berbagai bantuan kepada anak-anak yang kehilangan orangtua akibat Covid-19. Pemerintah berupaya memastikan anak-anak bangsa bisa terus melanjutkan hidup sebagai harapan dan masa depan Indonesia," ujarnya, seperti dikutip dari Antara.

Menkominfo memaparkan bantuan tersebut mencakup pemenuhan kebutuhan dasar anak, seperti bantuan obat-obatan, vitamin, test swab/PCR, vaksinasi, dan kebutuhan dasar anak lainnya. Pemerintah juga memberikan konseling untuk anak-anak dan keluarga mereka.

Pemerintah juga berupaya menyatukan kembali anak dengan keluarga besar mereka untuk mencegah anak kehilangan hak pengasuhan.

Pemerintah juga turut memfasilitasi pengasuhan alternatif melalui pengasuhan oleh orangtua asuh atau panti asuhan, serta membantu keluarga besar anak untuk mengatasi kesulitan dalam mengasuh anak.

Upaya lain dengan memberikan terapi fisik, psikososial dan mental spiritual juga diberikan kepada anak untuk mengatasi rasa sedih dan trauma karena kehilangan orangtua akibat Covid-19.

Baca Juga: Studi Sebut Kebanyakan Anak Tidak Akan Alami Long Covid-19

"Pemerintah mendukung anak-anak agar mendapatkan akses pendidikan dan fasilitas kesehatan yang layak," kata Johnny.

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Komentar