alexametrics

Begini Cara Musik Memperkuat Jaringan Otak Manusia

Risna Halidi | Aflaha Rizal Bahtiar
Begini Cara Musik Memperkuat Jaringan Otak Manusia
Belajar sambil mendengarkan musik. (Dok: Envanto Elements)

"Salah satu fungsi yang terbaik yang dilakukan oleh otak manusia adalah, berkaitan dengan kinerja musik."

Suara.com - Mendengarkan musik disebut dapat memberi rasa tenang, energi, sekaligus mampu menginspirasi seseorang. Kekinian, musik juga dikaitkan dengan manfaat kesehatan otak karena terbukti dapat memperkuat jaringan otak.

Ketua Departemen Bedah Saraf Mayo Clinic Arizona Dr. Bernard Bendok mengatakan, musik memiliki fungsi yang baik untuk otak dan lebih mudah merangsang saat mendengarkan instrumen musik.

"Salah satu fungsi yang terbaik yang dilakukan oleh otak manusia adalah, berkaitan dengan kinerja musik," ungkapnya yang dilansir dari Medical Express.

"Saat Anda menguasai instrumen musik, ada koneksi tertentu yang tumbuh dan ditingkatkan di otak. Karena itu, otak suka ditantang," lanjutnya.

Baca Juga: Tersangka Korupsi Masjid Sriwijaya Diklaim Pernah Hilang Ingatan Usai Operasi Otak

Bernard menambahkan, mendengarkan musik memiliki manfaat baik untuk mengurangi masalah kesehatan, salah satunya mampu mengurangi risiko terjadinya demensia.

Selain itu, mendengar musik sangat baik untuk terapi otak. Termasuk terapi untuk masalah penyakit degeneratif dan masalah memori.

"Ini adalah cara yang bagus untuk memetakan otak lebih baik, termasuk meningkatkan keamanan operasi dan mengeksplorasi jalan baru untuk terapi masalah otak, termasuk penyakit degeneratif dan masalah memori," ungkap Bernard.

Dengan memahami pengobatan lewat musik, menurut Dr. Bernard Bendok, maka manfaat yang dihasilkan tidak hanya baik untuk masalah kondisi otak saja melainkan juga dapat berkontribusi pada memori musik dan memori kognitif.

"Ini akan memungkinkan kita untuk memecahkan masalah degenerasi, seperti demensia. Tetapi ini juga membuat peluang baru untuk meningkatkan fungsi otak," pungkasnya.

Baca Juga: Perempuan Jangan Biasakan Kencing di Bawah Guyuran Shower, Ini Alasannya

Komentar