alexametrics

Gejala Virus Corona Covid-19 Mirip DBD dan Malaria, Ini Cara Membedakannya!

Yasinta Rahmawati | Shevinna Putti Anggraeni
Gejala Virus Corona Covid-19 Mirip DBD dan Malaria, Ini Cara Membedakannya!
Ilustarasi pasien virus corona Covid-19, demam berdarah, malaria. (pixabay)

Gejala virus corona Covid-19 mirip dengan malaria dan demam berdarah (DBD).

Suara.com - Saat musim hujan, orang-orang tidak hanya menghadapi wabah virus corona Covid-19 tetapi juga penyakit menular lain, seperti malaria dan demam berdarah (DBD).

Malaria dan demam berdarah adalah penyakit yang berasal dari gigitan nyamuk dan biasanya muncul selama musim hujan. Tapi, virus corona Covid-19 seringkali menunjukkan gejala yang mirip dengan kedua penyakit tersebut.

Virus corona Covid-19 sendiri merupakan penyakit pernapasan yang menyebar melalui tetesan cairan pernapasan dari orang yang terinfeksi. Sedangkan, demam berdarah (DBD) dan malaria adalah penyakit tropis yang disebabkan oleh nyamuk dan muncul selama perubahan musim.

Tapi, demam berdarah biasanya menyebar melalui gigitan nyamuk Aedes. Lalu, malaria juga ditularkan melalui parasit yang disebut plasmodium dan menyebar melalui gigitan nyamuk Anopheles betina.

Baca Juga: Virus Corona Terus Bermutasi, Puan Maharani Ajak Masyarakat Hidup Bersama Prokes

Meskipun ketiga jenis penyakit itu berbeda, demam berdarah, malaria dan virus corona Covid-19 disebabkan oleh virus dan bisa menginfeksi tubuh. Ketiga penyakit itu juga bisa menyebabkan banyak gejala, terutama masalah pernapasan dan peradangan.

Ilustrasi pasien virus Corona Covid-19. (Shutterstock)
Ilustrasi pasien virus Corona Covid-19. (Shutterstock)

Karena gejalanya yang hampir mirip, banyak orang seringkali kesulitan membedakan antara ketiga penyakit menular tersebut. Bahkan, ketiga jenis penyakit itu serupa presentasinya secara klinis.

Demam berdarah yang disebabkan oleh 4 jenis nyamuk pembawa virus bisa menyebabkan demam tinggi, sakit kepala, nyeri sendi dan otot, serta gejala gastrointestinal seperti mual, sakit perut dan diare.

Di sisi lain, malaria disebabkan oleh parasit plasmodium yang menyebabkan gejala seperti demam, menggigil, myalgia, sakit kepala, kelelahan, berkeringat dan terkadang kejang.

Sementara, virus corona Covid-19 bisa menyebabkan gejala yang berbeda pada setiap orang. Infeksi virus corona Covid-19 ringan, sedang, hingga berat bisa menyebabkan gejala kedinginan, batuk, pilek, sakit tenggorokan, kesulitan bernapas, sakit kepala, myalgia, kelelahan dan kelemahan yang mirip dengan demam berdarah dan malaria.

Baca Juga: Kelelahan Usai Pulih dari Virus Corona Covid-19, Coba Konsumsi 5 Makanan Ini!

Gejala yang mirip dan tumpang tindih antara ketiga penyakit menular itu bisa membuat seseorang sulit membedakannya. Meskipun tes medis salah satu cara paling tepat untuk membedakan ketiga penyakit tersebut, tapi ada beberapa perbedaan kecil yang mencolok dari virus corona Covid-19.

Komentar