alexametrics

4 Efek Samping Vaksin Covid-19 Covishield, Mirip AstraZeneca

Yasinta Rahmawati | Shevinna Putti Anggraeni
4 Efek Samping Vaksin Covid-19 Covishield, Mirip AstraZeneca
Ilustrasi Vaksin Covid-19, vaksin Covishield (pixabay)

Ada beberapa efek samping vaksin Covid-19 Covishield yang mirip dengan vaksin AstraZeneca.

Suara.com - Efek samping setelah suntik vaksin Covid-19 adalah hal yang sangat wajar, sama seperti vaksin jenis lainnya. Tapi, beberapa efek samping vaksin Covid-19 menimbulkan kekhawatiran, seperti vaksin AstraZeneca yang diduga menyebabkan komplikasi neurologis langka.

Karena itu, vaksin Covid-19 yang menginstruksikan sel-sel kekebalan untuk menyebabkan reaksi seperti flu ringan dalam banyak kasus dianggap lebih aman, seperti vaksin Covishield yang digunakan di India.

Ternyata dilansir dari Times of India, kini vaksin Covishield juga menyebabkan sejumlah efek samping yang perlu dipertimbangkan.

Sama halnya dengan vaksin Covid-19 lain, berikut ini 4 efek samping vaksin Covishield yang perlu dipahami.

Baca Juga: Studi Baru Temukan bahwa Penularan Virus Corona di Toilet Umum Justru Rendah

1. Nyeri di lengan dan kaki

Vaksin Covid-19 bisa membuat beberapa orang mengalami rasa sakit di kaki dan lengan. Meskipun tak jarang seseorang mengalami rasa sakit dan ketidaknyamanan di lengan ketika menderima suntikan vaksin.

Nyeri kaki setelah vaksin Covid-19 ini bisa berasal dari nyeri otot, yang merupakan efek samping dari sebagian besar vaksin Covid-19.

Sakit kaki dan kelelahan bisa menyerang kedua kaki, bersama dengan nyeri sendi dan kelelahan. Jika rasa sakit berlanjut di satu kaki, seseorang mungkin membutuhkan bantuan dokter.

Ilustrasi nyeri otot. (Shutterstock)
Ilustrasi nyeri otot. (Shutterstock)

2. Influenza

Baca Juga: Bukan Vaksin, Ini Pencegahan Pertama Agar Terhindar dari Berbagai Varian Virus Corona

Menurut Otoritas Medis Eropa, vaksin Covid-19 bisa menyebabkan gejala mirip flu, seperti demam, menggigil, dan nyeri tubuh. Ada pula yang mengalami gejala mirip virus influenza, yang bisa menyebabkan gejala tertentu mempengaruhi hidung.

Efek samping tersebut perlu diwaspadai setelah suntik vaksin Covishield. Jika Anda mengalami demam, kedinginan, nyeri otot, bersin atau hidung tersumbat. Hal itu mungkin merupakan efek samping vaksin Covishield.

Studi sebelumnya juga menunjukkan bahwa bersin adalah efek samping yang jarang dirasakan oleh penerima vaksin Covid-19 yang sebelumnya pernah terinfeksi virus corona.

3. Mual

Mual dan kram perut juga bisa menjadi efek samping vaksin Covid-19. Meskipun gejala pencernaan ini belum ditemukan pada beberapa suntikan vaksin Covid-19 lainnya.

Tapi, pihak berwenang telah menemukan efek samping ini setelah seseorang menerima suntikan vaksin Covishield dan AstraZeneca.

Seseorang dapat merasakan ketidaknyamanan tertentu, mual atau keinginan untuk muntah setelah vaksinasi. Efek samping ini juga lebih sering terjadi setelah dosis pertama.

4. Kehilangan nafsu makan

Beberapa penerima vaksin Covishield juga mengalami penurunan nafsu makan, terutama beberapa hari setelah menerima dosis pertama vaksin AstraZeneca.

Kehilangan atau mengalami perubahan nafsu makan juga umum terjadi pada banyak penyakit, seperti flu dan virus corona Covid-19.

Semua efek samping vaksin Covid-19 itu tergolong tidak perlu ditakutkan. Kecuali, efek samping berupa pembekuan darah, kejang, sakit kepala hebat dan reaksi alergi setelah vaksinasi yang bisa menimbulkan kekhawatiran.

Komentar