alexametrics

Nora Alexandra Dikritik Sering Olahraga Bikin Sulit Hamil, Benarkah Demikian?

Cesar Uji Tawakal | Rosiana Chozanah
Nora Alexandra Dikritik Sering Olahraga Bikin Sulit Hamil, Benarkah Demikian?
Nora Alexandra (Instagram)

Benarkah sering berolahraga mengganggu kesuburan wanita?

Suara.com - Nora Alexandra, kembali mendapat kritik dari warganet. Kali ini, istri Jerinx SID ini disebut terlalu banyak melakukan olahraga, yang pada akhirnya akan membuatnya sulit mendapat keturunan.

"Kebanyakan fitness lu dek, ntar susah dapat keturunan kamu. Buat apa badan bagus tapi gak bisa mengandung. Ini saran aja untuk kebaikan kamu, tq," ujar warganet membalas Instagram Story Nora, Jumat (17/9/2021).

Ucapan warganet itu pun membuat Nora bertanya-tanya mengenai kebenaran tersebut.

"Masak sih kebanyakan fitness gak bisa hamil? Perasaan teman-teman aku yang fitness aktif banget banyak deh ada anak, bukannya anak juga kehendak Tuhan ya?" cuit wanita 26 tahun ini di akun Twitter-nya.

Baca Juga: Ahli Kesuburan di New York Digugat karena Diam-diam Pakai Sperma untuk Hamili Pasien

Nora Alexandra (Twitter)
Nora Alexandra (Twitter)

Berdasarkan Alodokter, olahraga dapat menganggu kesuburan apabila dilakukan secara ekstrem atau berlebihan.

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa olahraga intensitas berat selama lebih dari satu jam sehari dapat mengambat terjadinya ovulasi.

Olahraga berat dan berlebihan dapat membuat tubuh kekurangan cadangan lemak dan energi yang membantu memproduksi hormon pengatur ovulasi.

Proses ovulasi yang terhambat akan menganggu siklus menstruasi. Sementara siklus menstruasi yang tidak teratur bisa membuat dinding rahim lebih tipis.

Akibatnya, saat pembuahan terjadi embrio akan sulit menempel pada dinding rahim. Padahal, embrio inilah yang akan tumbuh menjadi janin.

Baca Juga: PCOS Picu Masalah Kesuburan Perempuan, 4 Tips Berikut Tingkatkan Potensi Hamil

Olahraga berlebihan juga dapat menganggu kesuburan pria dengan menurunkan kualitas sperma, baik dalam jumlah maupun kemampuannya untuk bergerak.

Komentar