alexametrics

Efek Samping Vaksin Covid-19, Hubungi Dokter Bila Alami 5 Gejala Ini!

Yasinta Rahmawati | Shevinna Putti Anggraeni
Efek Samping Vaksin Covid-19, Hubungi Dokter Bila Alami 5 Gejala Ini!
Ilustrasi vaksin Covid-19 (pexels.com)

Ada beberapa efek samping vaksin Covid-19 yang membutuhkan perhatian medis.

Suara.com - Vaksin Covid-19 telah menjadi kebutuhan untuk menurunkan risiko infeksi parah dan rawat inap akibat virus corona Covid-19. Selain itu, vaksin Covid-19 juga membantu menahan penyebaran virus corona Covid-19.

Tapi, efek samping dari vaksin Covid-19 dan risiko infeksi virus corona pada orang yang sudah vaksinasi meningkatkan dan menimbulkan banyak kekhawatiran.

Padahal, efek samping setelah suntik vaksin adalah hal yang wajar terjadi, termasuk pada vaksin Covid-19. Umumnya, efek samping vaksin Covid-19 tidak berbahaya dan mereda dalam 1 hingga 2 hari.

Adapun beberapa efek samping vaksin Covid-19 yang paling umum, termasuk demam, kedinginan, kelelahan dan nyeri di tempat suntikan. Semua efek samping itu menunjukkan respons imun tubuh.

Baca Juga: Studi: Pria Lebih Berisiko Alami Infeksi Virus Corona Parah Meski Sudah Vaksinasi

Tapi, ada beberapa orang yang tidak mengalami efek samping apapun setelah suntik vaksin Covid-19. Sehingga, banyak orang mulai bertanya-tanya efek samping vaksin Covid-19 itu menunjukkan tingkat perlindungan dalam tubuh kita terhadap virus atau tidak.

Ilustrasi Vaksin Covid-19. (Pixabay)
Ilustrasi Vaksin Covid-19. (Pixabay)

Di samping itu, Anda juga harus memahami bahwa efek samping setelah suntik vaksin Covid-19 bukan berarti Anda sedang terinfeksi virus corona. Sebaliknya, gejala itu justru menunjukkan bahwa sistem kekebalan tubuh mulai mengenali patogen asing atau vaksin Covid-19

Karena, vaksin Covid-19 merupakan sebuah fragmen yang menyerupai protein lonjakan virus corona. Sehingga, efek samping setelah vaksin itu mungkin tanda tubuh mulai memproduksi antibodi dalam melawan partikel virus corona.

Meski begitu, ada beberapa gajal setelah suntik vaksin Covid-19 yang perlu diwaspadai. Khususnya, jika Anda mengalami gejala lainnya dari efek samping umum vaksin Covid-19 dalam waktu 20 hari setelah vaksinasi. Anda harus mencuri pertolongan medis bila mengalami kondisi tersebut.

Berikut ini dilansir dari Times of India, beberapa gejala setelah vaksin Covid-19 yang mengkhawatirkan dan mungkin membutuhkan bantuan medis.

Baca Juga: Tak Selalu Lebih Berbahaya, Ternyata Ini 3 Efek yang Terjadi Jika Virus Corona Bermutasi

  1. Sesak napas atau kesulitan bernapas
  2. Sesak dada
  3. Mual, muntah atau nyeri terus-menerus di area perut
  4. Kejang
  5. Nyeri pada tungkai atau bengkak pada lengan dan kaki

Tapi, para ahli percaya bahwa terinfeksi virus corona Covid-19 jauh lebih berbahaya daripada efek samping vaksin Covid-19.

Sebab, peningkatan jumlah infeksi varian Delta tidak hanya menyebabkan lonjakan kasus virus corona Covid-19 di seluruh dunia, tetapi juga meningkatkan risiko infeksi virus corona pada orang yang sudah vaksinasi.

Karena, varian Delta ini dianggap bisa menembus kekebalan yang terbentuk oleh vaksin Covid-19. Tapi, orang yang tidak suntik vaksin Covid-19 tetap berada pada risiko tinggi terinfeksi virus corona Covid-19.

Komentar