alexametrics

Bulan Kesehatan Gigi Nasional 2021 Resmi Dibuka, Ini Pesan dari Menkes Budi Gunadi

Risna Halidi
Bulan Kesehatan Gigi Nasional 2021 Resmi Dibuka, Ini Pesan dari Menkes Budi Gunadi
Ilustrasi gigi. (Pixabay/Peter Kasprzyk)

Di sisi lain, pandemi COVID-19 telah berdampak pada menurunnya pemanfaatan layanan kesehatan gigi dan mulut oleh masyarakat.

Suara.com - Bukan hanya fasilitas kesehatan umum, Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin juga menyebut bahwa pandemi COVID-19 telah berdampak pada menurunnya pemanfaatan layanan kesehatan gigi dan mulut oleh masyarakat.

Hal ini, lanjut Menkes Budi, dapat menjadi tantangan dalam mewujudkan Indonesia bebas karies 2030.

Untuk itu dirinya menyambut baik digelarnya Bulan Kesehatan Gigi Nasional (BKGN) 2021 sabagai upaya mengingatkan kembali pentingnya memerhatikan kebersihan dan kesehatan gigi.

"Semoga kegiatan ini bermanfaat bagi kita semua, baik untuk tenaga kesehatan gigi dan mulut maupun masyarakat Indonesia," ujar Budi dalam pesan video dikutip Suara.com dari ANTARA, Jumat (24/9/2021).

Baca Juga: Menkes: PeduliLindungi Digunakan lebih dari 50 Juta Kali Sehari

BKGN 2021 kembali digelar oleh PT Unilever Indonesia Tbk berkolaborasi bersama Persatuan Dokter Gigi Indonesia (PDGI), Asosiasi Fakultas Kedokteran Gigi Indonesia (AFDOKGI), Kementerian Kesehatan Republik Indonesia dan Asosiasi Rumah Sakit Gigi dan Mulut Pendidikan Indonesia (ARSGMPI).

Head of Sustainable Living Beauty and Personal Care and Home Care Unilever Indonesia Foundation Drg. Ratu Mirah Afifah mengatakan, sangat penting untuk edukasi soal perawatan gigi karena permasalahan gigi dan mulut masih menjadi salah satu isu kesehatan utama yang dialami setengah populasi dunia dari berbagai lapisan usia.

Di Indonesia, 7 dari 10 masyarakatnya menderita gigi berlubang, bahkan tantangan permasalahan gigi dan mulut semakin terasa saat pandemi COVID-19.

Melihat fakta-fakta itu, edukasi konsisten masih sangat dibutuhkan. Layanan kesehatan gigi dan mulut berbasis digital merupakan alternatif tepat untuk menjangkau masyarakat luas.

Untuk itu, BKGN 2021 kembali mengoptimalkan layanan teledentistry nasional melalui official WhatsApp di nomor 0878-8876-8880 selama November hingga Desember, yang melibatkan dokter gigi dari 28 Fakultas Kedokteran Gigi dan 50 PDGI cabang.

Baca Juga: Menkes Sampaikan Duka Cita Atas Gugurnya Nakes Gabriella Meilani di Papua

Hingga saat ini, BKGN telah memberi manfaat kepada lebih dari 500 ribu masyarakat Indonesia, melibatkan 135 PDGI Cabang dan 26 fakultas kedokteran gigi, dan lebih dari 17.000 dokter gigi dan mahasiswa fakultas kedokteran gigi.

Komentar