alexametrics

Menkes Budi Dorong Indonesia Terlibat dalam Membangun Sistem Kesehatan Global

Risna Halidi | Aflaha Rizal Bahtiar
Menkes Budi Dorong Indonesia Terlibat dalam Membangun Sistem Kesehatan Global
Tangkapan layar Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin dalam konferensi pers yang dipantau daring, Senin (26/7/2021). (ANTARA/Devi Nindy)

Sebelumnya, Presiden Amerika Serikat Joe Biden menekankan pentingnya ketahanan sistem kesehatan di seluruh dunia.

Suara.com - Dalam agenda Global Covid-19 Summit yang dilaksanakan pada Rabu (22/9/2021) kemarin, Presiden Amerika Serikat Joe Biden menekankan pentingnya ketahanan sistem kesehatan di seluruh dunia, baik negara kaya maupun negara berkembang.

Pernyataan tersebut disambut baik oleh Presiden Republik Indonesia Joko Widodo.

Dikatakan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Budi Gunadi Sadikin, ajakan presiden negara adidaya itu langsung disambut baik Indonesia.

"Ajakan dari presiden ini disambut baik oleh presiden Indonesia Pak Joko Widodo. Presiden Indonesia juga menekankan, perlu segera dibangun sistem ketahanan kesehatan global yang baru," ungkapnya dikutip dari laman YouTube Sekretariat Presiden.

Baca Juga: 100 Tokoh Bangsa Sebut Ketidakadilan Ditunjukan Pemerintah Saat Menanggulangi Pandemi

"Melihat sistem kesehatan dunia, itu sifatnya tidak lokal dengan adanya pandemi yang terlihat saat ini. Bahkan sistem kesehatan satu negara itu sangat erat hubungannya dengan sistem kesehatan negara lain,” ungkap Menkes Budi Gunadi lebih lanjut.

Ia juga menambahkan bagaimana Indonesia perlu ikut andil dalam mengatur sistem kesehatan global yang lebih baik.

Dari yang bapak Presiden sampaikan, perlu segera dibangun mekanisme global untuk sumber daya kesehatan yang bisa diakses oleh seluruh negara, terutama negara berkembang bila menghadapi krisis kesehatan," katanya.

Menkes Budi lalu menganalogikan sistem kesehatan dunia bisa mencontoh sistem ketahanan keuangan global yang dibangun oleh mekanisme IMF. Mulai dari tata kelola, partisipasi, yang terbukti bisa membantu kondisi keuangan secara fiskal dan moneter di negara berkembang.

"Indonesia merasa bahwa kita perlu membangun sistem dukungan kesehatan secara global yang mirip, dengan sistem keuangan global seperti IMF,” saran Menkes Budi.

Baca Juga: Gelombang Ketiga Covid-19 Masih Mengancam, 100 Tokoh Bangsa Singgung Vaksin Sinovac

Komentar