alexametrics

5 Cara Menghilangkan Rasa Pahit di Mulut, Selain Makan Permen

Rifan Aditya
5 Cara Menghilangkan Rasa Pahit di Mulut, Selain Makan Permen
5 Cara Menghilangkan Rasa Pahit di Mulut, Mudah Dilakukan - Ilustrasi mulut pahit (Pixabay/dotigabrielf)

Bagaimana cara menghilangkan rasa pahit di mulut ini? Simak penjelasan medisnya berikut ini.

Suara.com - Cara menghilangkan rasa pahit di mulut saat tidak enak badan ternyata mudah dilakukan. Pasalnya rasa pahit di mulut terjadi akibat perubahan indra pengecap.

Lalu bagaimana cara menghilangkan rasa pahit di mulut ini? Simak penjelasan medisnya berikut ini.

Penelitian yang diterbitkan Jurnal Brain, Behavior, and Immunity menyebutkan bahwa saat dalam keadaan sakit, kadar protein tertentu akan meningkat tajam di dalam tubuh. Peningkatan protein yang dikenal dalam dunia medis sebagai TNF-a inilah yang membuat mulut terasa pahit saat sakit.

Di samping itu, mulut pahit juga disebabkan oleh gangguan rongga mulut dan gigi, gangguan sistem pencernaan, hingga ketidakseimbangan hormon. Kendati begitu, tak perlu khawatir lima langkah berikut bisa dicoba untuk menghilangkan rasa pahit di mulut.

Baca Juga: Manfaat Sikat Gigi Sebelum Tidur

1. Minum Air Putih Lebih Banyak

Cara menghilangkan rasa pahit di mulut yang pertama adalah dengan minum air putih lebih banyak. Cleveland Clinic menyebutkan saat sakit anda perlu meminum sedikitnya enam sampai delapan gelas air putih dalam sehari.

Dehidrasi atau kekurangan cairan bisa membuat mulut terasa lebih pahit saat sakit. Untuk itu, atur waktu minum air putih bukan hanya sebelum atau sesudah makan.

2. Cegah Penyakit Asam Lambung

Asam lambung bisa memperparah rasa pahit yang ada di mulut. Untuk menghindari asam lambung parah kamu bisa mengubah gaya hidup menjadi lebih sehat.

Baca Juga: Gampang Banget! Begini Resep Permen Dalgona yang Ada di Drama Squid Game

Hal mendasar bisa dilakukan untuk menghindari asam lambung seperti menjaga berat badan agar otot perut bisa bekerja optimal. Selain itu atur pola makan dengan memperbanyak makan sayur dan menghindari makanan manis.

Komentar