alexametrics

Beda Fungsi dan Cara Kerja Otak Kiri dengan Otak Kanan, Mana yang Menentukan Nilai IQ?

Risna Halidi | Lilis Varwati
Beda Fungsi dan Cara Kerja Otak Kiri dengan Otak Kanan, Mana yang Menentukan Nilai IQ?
Ilustrasi otak sebagai pusat pengendali tubuh. (Pexels//meo)

Otak termasuk salah satu organ penting dalam tubuh manusia karena bertindak sebagai pusat koordinasi.

Suara.com - Otak termasuk salah satu organ penting dalam tubuh manusia karena bertindak sebagai pusat koordinasi.

Otak besar (cerebrum) merupakan bagian terbesar dari otak manusia yang bertugas untuk memproses semua kegiatan intelektual, seperti berpikir, penalaran, mengingat, membayangkan, hingga merencanakan masa depan.

Otak besar terdiri dari dua belahan, yaitu kiri dan kanan. Kedua belahan tersebut tentunya mempunyai struktur yang sangat kompleks juga fungsi yang berbeda.

Teori mengenai perbedaan fungsi otak kiri dan otak kanan telah populer sejak era 1960-an, dari hasil penelitian Roger Sperry, seorang neuropsikolog yang menemukan bahwa akal manusia terdiri atas dua bagian.

Baca Juga: Rekan Artis Belum Boleh Jenguk Tukul Arwana

Ilustrasi otak (Elements Envato)
Ilustrasi otak (Elements Envato)

Menurut Sperry, masing-masing bagian otak memiliki fungsi khusus tanpa bergantung satu sama lain. Dikutip dari Ruang Guru, berikut perbedaan otak kiri dan otak kanan.

Otak Kiri
Otak kiri lebih unggul pada hal-hal yang berhubungan dengan logika dan rasio manusia, kemampuan menulis dan membaca, serta merupakan pusat dari matematika.

Jadi, pernyataan yang mengatakan jika seseorang yang pandai matematika lebih dominan dengan otak kiri adalah benar. Beberapa pakar menyebut bahwa otak kiri merupakan pusat dari Intelligence Quotient (IQ).

Orang yang dominan menggunakan otak kirinya, lebih pandai melakukan analisa dan proses logis, tetapi kurang pandai dalam hal hubungan sosial. Oleh karena itu, orang yang lebih dominan dengan otak kiri akan mengutamakan logika dalam proses pengambilan keputusan dan melakukan sesuatu dengan perhitungan yang matang.

Saat seseorang ingin mengungkapkan sebuah fakta, otak kiri juga lah yang akan menariknya dari memori kita.

Baca Juga: Anak Kembali Bertugas Sebagai Polisi, Akhir Pekan Baru Besuk Tukul Arwana

Otak Kanan

Komentar