alexametrics

Setelah Persalinan Caesar, Ini Waktu yang Aman untuk Mencoba Hamil Lagi

Yasinta Rahmawati
Setelah Persalinan Caesar, Ini Waktu yang Aman untuk Mencoba Hamil Lagi

Periode istirahat memungkinkan tubuh untuk sembuh dan pulih dari persalinan caesar.

Suara.com - Ada keuntungan dan kerugian tersendiri untuk persalinan pervaginam dan caesar. Untuk wanita yang pernah menjalani persalinan caesar, mungkin membutuhkan waktu pemulihan yang cukup lama setelah menjalani prodesur tersebut.

Terkadang, ibu baru yang menjalani operasi caesar mengalami pendarahan berat, infeksi, atau cedera kandung kemih dan usus yang dapat membahayakan kesehatan mereka.

Dilansir dari The Healthsite, untuk wanita yang menjalani persalinan caesar, banyak dokter menyarankan agar menunggu 18 hingga 24 bulan sebelum mencoba hamil lagi.

Sebab periode istirahat ini memungkinkan tubuh Anda untuk sembuh dan pulih dari operasi.

Baca Juga: Siti Badriah Hamil, Perasaan Suami Campur Aduk: Kayak Mimpi

Di sisi lain, dokter menyarankan untuk menunggu setidaknya enam minggu setelah operasi caesar sebelum berhubungan seks dan menggunakan alat kontrasepsi setidaknya selama enam hingga 18 bulan pascapersalinan.

Semakin banyak waktu yang Anda ambil untuk pemulihan dan penyembuhan, semakin kecil kemungkinan komplikasi akan muncul.

Jika Anda berusia di atas 35 tahun, Anda mungkin tidak ingin menunggu lebih dari satu atau dua tahun untuk memiliki anak lagi karena masalah kesuburan cenderung memburuk seiring bertambahnya usia.

Jadi lebih baik konsultasikan dengan dokter jika Anda ingin jarak kehamilan berdekatan karena usia atau alasan lain. Jika Anda memiliki kehamilan yang sehat, Anda mungkin dapat mulai mencoba untuk hamil lagi lebih cepat.

Baca Juga: Ingin Anak Laki-laki, Atta Halilintar Nangis saat Tahu Calon Buah Hatinya Perempuan

Komentar