alexametrics

Hati-Hati, 5 Benda di Rumah Ini Berisiko Sebabkan Masalah Kesehatan!

Yasinta Rahmawati | Shevinna Putti Anggraeni
Hati-Hati, 5 Benda di Rumah Ini Berisiko Sebabkan Masalah Kesehatan!
Ilustrasi dapur, alat masak (pexels/Charlotte May)

Ada beberapa benda rumahan maupun barang pribadi yang bisa menyebabkan masalah kesehatan.

Suara.com - Banyak benda sehari-hari yang sering dipakai karena dianggap aman, justru bisa menimbulkan masalah kesehatan. Apalagi, barang-barang ini sangat mudah ditemui di dalam rumah.

Mulai dari pasta gigi pemutih hingga alat masak, beberapa barang yang digunakan sehari-hari ini bisa menimbulkan efek buruk pada kesehatan tanpa disadari.

Berikut ini dilansir dari Bright Side, beberapa barang-barang rumahan yang berbahaya dan alternatifnya.

1. Percikan parfum

Baca Juga: Peneliti Pakai Air Liur untuk Deteksi Infeksi Virus Corona Covid-19 pada Anak

Sebagian besar orang biasa menggunakan pasfum sebelum berpergian. Umumnya, orang menyemprotkan parfum ini ke pakaian atau langsung ke kulitnya agar lebih tahan lama.

Tapi, tak banyak yang menyadari bahwa menyemprotkan parfum langsung ke kulit tidak baik. Bahan kimia dalam parfum bisa menyebabkan gejala ringan hingga berat, mulai dari migrain hingga infertilitas. Jadi, hentikan kebiasaan menyemprotkan parfum langsung ke kulit.

Ilustrasi perempuan parfum (shutterstock)
Ilustrasi perempuan parfum (shutterstock)

2. Teflon anti lengket

Teflon anti lengket memang sangat didambakan untuk masak sehari-hari. Sayangnya, lapisan pada Teflon anti lengket mengandung polytetrafluoroethylene, yang bisa bersifat karsinogenik akibat mengeluarkan gas beracun ketika terlalu panas.

Karena itu, lebih baik menggunakan peralatan masak berbahan stainless steel atau besi cor. Anda juga bisa memasukkan semprotan anti lengket alami ke dalam masakan Anda.

Baca Juga: Gejala Radang Amandel dan Virus Corona Covid-19 Mirip, Ini Cara Membedakannya!

3. Sabun tangan antibakteri

Mencuci tangan memang sangat disarankan untuk menjaga kesehatan tubuh. Banyak orang percaya bahwa cuci tangan pakai sabun antibakteri bisa membantu membunuh semua kuman.

Tapi, para ahli percaya bahwa beberapa bahan dalam sabun antibakteri ini, seperti triclosan dapat menyebabkan resistensi antibakteri. Lebih baik gunakan sabun biasa atau sabun dengan scrub dan air untuk cuci tangan.

4. Pasta gigi pemutih dan korosif

Pasta gigi pemutih bekerja dengan menghilangkan noda dangkal pada gigi Anda. Noda pada gigi ini biasanya disebabkan oleh kebiasaan minum kopi dan teh. Masalahnya, pasta gigi pemutih ini terlalu abrasif dan merusak email gigi yang menyebabkan gigi sensitif.

5. Alumunium foil

Kebanyakan orang menggunakan alumunium foil untuk menyimpan makanan atau membuat makanan. Tapi, beberapa bakteri yang masuk bisa menyebabkan penyakit.

Saat makanan yang disimpan dalam alumunium foil terkena udara, bakteri itu akan tumbuh lebih cepat. Karena, alumunium foil tidak sepenuhnya menutup makanan Anda dari udara.

Komentar