alexametrics

Australia Beli Obat Ronapreve untuk Virus Corona Covid-19, Begini Cara Kerjanya

Rima Sekarani Imamun Nissa | Shevinna Putti Anggraeni
Australia Beli Obat Ronapreve untuk Virus Corona Covid-19, Begini Cara Kerjanya
Ilustrasi virus Corona Covid-19. (Shutterstock)

Australia mulai membeli obat ronapreve untuk melawan virus corona Covid-19.

Suara.com - Australia telah membeli 15 ribu obat virus corona Covid-19 baru untuk persiapan menghadapi peningkatan infeksi virus corona ketika pembatasan sosial mulai dilonggarkan.

Obat virus corona Covid-19 itu bernama Ronapreve yang dikembangkan oleh perusahaan farmasi Roche. Obat Ronapreve ini disebut bisa menurunkan risiko rawat inap dan kematian akibat virus corona Covid-19 sebesar 70 persen.

Obat Ronepreve ini juga akan tersedia untuk pasien virus corona Covid-19 di rumah sakit di Australia. Obat virus corona Covid-19 baru ini pun diberikan melalui suntikan intravena.

Menteri Kesehatan Federal Greg Hunt juga telah menegaskan bahwa penggunaan obat Ronepreve ini sudah menunjukkan hasil yang menjanjikan untuk melawan virus corona Covid-19 di masa mendatang.

Baca Juga: Lagi, Studi Buktikan Vaksinasi Efektif Lawan Virus Corona Penyebab Sakit Covid-19

"Tapi, hasil ini harus dipastikan lagi dalam uji klinis," kata Greg Hunt dikutip dari ABC News.

Ilustrasi obat virus corona Covid-19 (istockphoto.com)
Ilustrasi obat virus corona Covid-19 (istockphoto.com)

Tahap pertama peluncuran obat Ronapreve di Australia akan berlangsung akhir bulan Oktober 2021, yakni sebanyak 5.000 dosis dalam pengiriman pertama.

Pemerintah federal juga sudah mendapatkan akses untuk dosis pengobatan virus corona Covid-19 lainnya, yang dikombinasikan dengan obat Ritonavir yang dikembangkan oleh Pfizer.

Sementara itu, obat Ronepreve sendiri akan diberikan kepada pasien virus corona Covid-19 secara intravena. Sedangkan, obat Ritonavir dari Pfizer diberikan dengan cara diminum.

Saat ini, obat Ronepreve sendiri sedang masuk tahap uji coba dan belum melalui proses persetujuan dengan regulator obat-obatan Australia, Therapeutic Goods Administration (TGA).

Baca Juga: Jangan Asal, Begini Cara Cuci Tangan yang Benar Agar Terhindar Virus Corona

Kepala Petugas Medis Persemakmuran, Paul Kelly mengatakan menambahkan obat-obatan ini ke Stok Medis Nasional ini sangat diperlukan karena program vaksinasi masih berkembang.

"Selama ini, kita sangat bergantung dengan masa isolasi mandiri, pengujian, pelacakan, karantina hingga pembatasan sosial untuk menekan penyebaran virus corona Covid-19," kata Paul Kelly.

Kemudian, para ahli menemukan vaksin Covid-19 untuk mencegah penularan virus corona Covid-19. Tapi, sekarang ada perawatan medis yang sudah dikembangkan, yakni perawatan antivirus yang benar-benar akan membantu mencegah infeksi virus corona Covid-19 atau mencegah gejala parah dari infeksi virus corona tersebut.

Pemerintah federal juga telah membeli 300.000 dosis obat molnupiravir yang diharapkan akan digunakan mulai tahun depan dan 31 ribu dosis obat sotrovimab.

Pemerintah federal, negara bagian teritori memperkirakan kasus virus corona Covid-19 akan meningkat ketika warga Australia berkesempatan untuk berpergian bebas.

Komentar