alexametrics

Setiap Orang Berduka dengan Cara yang Berbeda, Ketahui Tahapan-tahapannya

Cesar Uji Tawakal | Rosiana Chozanah
Setiap Orang Berduka dengan Cara yang Berbeda, Ketahui Tahapan-tahapannya
Ilustrasi sedang berduka (pexels.com/@alex-green)

Tidak semua orang akan mengalami tahapan duka atau mengalaminya secara berurutan seperti yang di jelaskan di artikel ini.

Suara.com - Kehilangan orang terdekat yang dicintai memang sangat berat. Ketika terjadi, kemungkinan kita akan merasakan berbagai emosi, mulai dari kesedihan hingga kesepian.

Orang-orang berdamai dengan duka secara berbeda. Tetapi, apabila kita bisa memahami emosi yang sedang dirasakan, menjaga diri sendiri dan mencari dukungan, maka kita bisa sembuh.

Menurut WebMD, saat berduka perasaan kita mungkin berubah secara bertahap. Kita tidak bisa mengontrol prosesnya, tetapi memahami alasan di balik emosi yang dirasakan akan sangat menolong.

Tahapan berduka bisa menjadi seperti ini:

Baca Juga: Kesedihan Teuku Rassya Tahu Tamara Bleszynski Ditipu Belasan Tahun

1. Penolakan

Ketika pertama kali mengetahui kita telah kehilangan sesuatu, reaksi yang muncul pasti ketidakpercayaan bahwa hal itu terjadi. Kita mungkin akan kaget atau mati rasa.

Ini adalah mekanisme pertahanan, cara sementara untuk mengatasi emosi yang meluap-luap.

2. Kemarahan

Saat kenyataan mulai terasa, kita dihadapkan dengan rasa sakit atas kehilangan itu. Kita mungkin merasa frustasi dan tidak berdaya. Perasaan ini kemudian berubah menjadi kemarahan.

Baca Juga: Bangkit dari Kesedihan, 6 Potret Kompak Joanna Alexandra dan Anak Cat Rambut

Kita bisa saja meluapkannya ke orang lain atau ke kehidupan. Bisa saja marah pada orang yang meninggalkan, ini wajar.

Ilustrasi sedih putus cinta (freepik.com/pressfoto).
Ilustrasi sedang berduka (freepik.com/pressfoto).

3. Menduga-duga

Selama tahap ini, kita akan memikirkan apa yang bisa dilakukan untuk mencegah kerugian. Misalnya, berpikiran seperti, "jika saja..." dan "bagaimana jika..."

4. Depresi

Depresi muncul ketika kita mulai menyadari rasa kehilangan itu dan pengaruhnya terhadap hidup kita, Tanda-tandanya bisa berupa menangis, masalah tidur, hingga nafsu makan menurun. Kita juga bisa merasa kewalahan, menyesal, dan kesepian.

5. Penerimaan

Pada tahap berduka ini, kita mulai bisa menerima kenyataan yang tidak bisa diubah. Meski masih merasa sedih, kita mulai bisa melangkah maju dalam hidup.

Setiap orang melewati fase-fase ini dengan caranya sendiri. Masing-masing orang dapat mengalaminya secara bolak-balik atau melewatkan satu tahapan tersebut.

Selain itu, tidak ada batas waktu 'normal' untuk seseorang lepas dari duka. Proses berduka tergantung pada bebeapa hal, seperti kepdibadian, usia, kepercayaan, dan dukungan yang didapat.

Komentar