alexametrics

Tak Hanya Enak Diminum, Teh Sereh Punya 3 Manfaat untuk Kesehatan Loh!

M. Reza Sulaiman
Tak Hanya Enak Diminum, Teh Sereh Punya 3 Manfaat untuk Kesehatan Loh!
Ilustrasi teh sereh. (Pixabay/apple deng)

Sereh tidak hanya digunakan sebagai bumbu masak saja lho, tetapi juga bisa dijadikan campuran teh.

Suara.com - Sereh tidak hanya digunakan sebagai bumbu masak saja lho, tetapi juga bisa dijadikan campuran teh.

Hampir seluruh dunia telah mengkonsumsi teh sereh. Seiring berjalannya waktu, telah ditemukan bahwa teh sereh ini banyak mengandung manfaat bagi kesehatan bila diminum secara rutin.

Selain memiliki harga terjangkau, teh sereh juga memiliki cara penyeduhan yang mudah. Minuman teh juga menjadi favorit karena membantu mengurangi tingkat kecemasan dan stres, melindungi sel dari kerusakan, mengurangi resiko penyakit jantung dan mengatur berat badan.

Teh sereh memiliki aroma lemon dan citrus yang dapat menyegarkan. Cara pembuatannya cukup mudah dengan menambahkan daun teh dan serai ke dalam air panas dan diamkan selama 5-10 menit. Setelah itu, saring tehnya dan nikmati minuman yang menyenangkan.

Baca Juga: Bantu Jaga Kesehatan Tubuh, Inilah Manfaat Teh Sereh!

Ilustrasi dauh sereh (Shutterstock)
Ilustrasi dauh sereh (Shutterstock)

Penasaran dengan khasiatnya? Dikutip dari Healthshots.com, berikut khasiat teh sereh yang dapat ditambahkan dalam rutinitas kamu:

1. Memberikan antioksidan dan antimikroba

Menurut sebuah penelitian yang dilakukan oleh Journal of Agriculture and Food Chemistry, sereh mengandung antioksidan yang dapat membantu melawan radikal bebas penyebab penyakit, meninggalkan tingkat kekebalan, mengurangi stres dan meningkatkan kesehatan jantung.

Sifat antimikroba dari teh ini menangkal bakteri, sehingga mencegah kerusakan gigi dan meningkatkan kesehatan mulut.

2. Membantu mengurangi peradangan

Baca Juga: 10 Manfaat Serai untuk Kesehatan

Peradangan dikaitkan dengan perkembangan penyakit kesehatan, seperti penyakit jantung, pernapasan dan luka. Dua senyawa utama dalam sereh, sitral dan geraniol memberikan sifat anti inflamasi.

Komentar