facebook

Mulai dari Serai Hingga Lavender, Ini 5 Tanaman yang Dipercaya Ampuh Mengusir Nyamuk

M. Reza Sulaiman | Fajar Ramadhan
Mulai dari Serai Hingga Lavender, Ini 5 Tanaman yang Dipercaya Ampuh Mengusir Nyamuk
Tanaman Serai untuk mengusir nyamuk. (Shutterstock)

Sejumlah tanaman ini dipercaya dapat mengusir nyamuk, bahkan memberikan perlindungan yang lebih baik daripada obat nyamuk biasa.

Suara.com - Sejumlah tanaman ini dipercaya dapat mengusir nyamuk, bahkan memberikan perlindungan yang lebih baik daripada obat nyamuk biasa.

Ya, nyamuk kerap kali mengganggu saat tidur. Biasanya, menggunakan losion untuk penangkal nyamuk juga hanya dapat bekerja beberapa jam saja.

Tidak hanya itu, menggunakan obat semprot anti nyamuk juga bisa memberikan efek negatif bagi tubuh. Hal ini karena kandungan yang terdapat dari obat nyamuk tersebut tidak begitu baik untuk kesehatan.

Hal tersebut yang membuat beberapa orang bingung bagaimana untuk mengatasi masalah nyamuk yang mengganggu. Namun, rupanya terdapat beberapa tanaman yang dapat berguna untuk menangkal nyamuk.

Baca Juga: 7 Tanaman Pengusir Nyamuk di Halaman Rumah, Semua Mudah Didapatkan!

Lavender tanaman pengusir nyamuk. (Shutterstock)
Lavender tanaman pengusir nyamuk. (Shutterstock)

Beberapa tanaman memiliki beberapa kandungan yang tidak disukai oleh nyamuk. Oleh karena itu, beberapa tanaman selain untuk dekorasi juga bisa berguna untuk mengusir nyamuk.

Melansir laman Rentokil, berikut beberapa tanaman yang dipercaya baik ampuh untuk mengusir nyamuk.

1. Serai (Citronella)

Serai memiliki aroma kuat yang tidak disukai oleh nyamuk. Serai sendiri mampu menutup atraktan (senyawa yang menarik perhatian serangga) sehingga nyamuk tidak tertarik untuk datang kepadanya.

2. Lavender

Baca Juga: Rejeki Mengalir, Ini 5 Jenis Tanaman yang Membawa Keberuntungan dalam Ilmu Feng Shui

Sering kali kita temukan beberapa obat penangkal nyamuk dengan aroma lavender. Hal ini karena aroma lavender yang cukup kuat membuat nyamuk pergi menjauhinya. Selain itu, lavender juga dipercaya dapat mengganggu penciuman nyamuk.

Komentar