alexametrics

4 Penyebab Jerawat di Payudara

Vania Rossa
4 Penyebab Jerawat di Payudara
Ilustrasi jerawat di payudara. (Shutterstock)

Apa bedanya jerawat di wajah dengan jerawat di payudara?

Suara.com - Jerawat tak hanya ditemukan di wajah. Selain di punggung, jerawat juga bisa muncul di payudara, atau sekitar puting. Kedengarannya mengkhawatirkan, bukan?

Tapi tenang, sebagian besar jerawat di sekitar payudara tidak perlu dikhawatirkan, kok. Kecuali jika jerawat terus membesar menjadi benjolan yang menyebabkan nyeri atau gatal, sert menunjukkan gejala seperti keluaran cairan dan kemerahan.

Umumnya, jerawat disebabkan ketika folikel rambut tersumbat oleh minyak berlebih. Minyak ini sebenarnya diproduksi secara alami oleh kulit untuk menjaga kelembaban agar kulit tetap sehat.

Ketika kulit tidak mampu menghilangkan kelebihan minyak, itu akan menyumbat pori-pori kemudian menyebabkan komedo dan jerawat, termasuk di payudara.

Baca Juga: 8 Khasiat Lidah Buaya: Basmi Jerawat hingga Mengatasi Puting Lecet

Dilansir dari Healthshots, inilah penyebab munculnya jerawat di payudara yang perlu kamu tahu.

1. Diet
Peluang munculnya jerawat dapat meningkat sebagai akibat dari konsumsi makanan tertentu secara berlebihan. Diet ketat dengan olahan karbohidrat, lemak jenuh, susu dan protein susu lainnya dapat menyebabkan jerawat di payudara.

Selain itu memiliki kelebihan insulin dalam darah dapat menyebabkan kelenjar minyak memproduksi lebih banyak minyak yang juga meningkatkan risiko munculnya jerawat di payudara.

2. Stres
Penyebab lain munculnya jerawat adalah stres. Saat stres, tubuh melepaskan kortisol yang berbahaya bagi kulit. Munculnya stres dapat berdampak pada kelenjar yang memproduksi minyak secara berlebihan, yang dapat memperburuk jerawat.

Tak hanya menyebabkan munculnya jerawat di payudara, tapi bisa bisa mempercepat kemunculan semua jenis jerawat lainnya.

Baca Juga: Menakjubkan! Ini 9 Manfaat Kunyit untuk Kesehatan Tubuh yang Harus Diketahui

3. Hormon
Seiring berjalannya waktu, tubuh pasti mengalami banyak perubahan dan itu terjadi karena kadar hormon estrogen dan progesteron yang berfluktuasi.

Komentar