alexametrics

Aida Saskia Operasi Pengangkatan Payudara, Waspadai Efek Sampingnya!

Yasinta Rahmawati | Shevinna Putti Anggraeni
Aida Saskia Operasi Pengangkatan Payudara, Waspadai Efek Sampingnya!
Aida Saskia [Sumarni/Suara.com]

Aida Saskia masih merasa lemas setelah operasi pengangkatan payudara. Tiap wanita perlu mengenali efek samping dari prosedur ini.

Suara.com - Beberapa hari lalu, pedangdut Aida Saskia baru saja menjalani operasi pengangkatan payudara dan indung telur. Ia mengaku kondisinya masih lemas pasca operasi empat hari lalu, tepatnya 22 Oktober 2021.

Bahkan, Aida Saskia juga tidak bisa banyak bergerak dengan kondisi tiga infus yang terbagi di tangan dan kedua kakinya. Karena itu, ia pun menggunakan kateter.

"Kondisinya sangat lemah, masih lemas banget. Belum bisa bergerak sama sekali karena kan di perut masih dipasang selang, masih bolong, berlubang," kata Aida Saskia.

Operasi pengangkatan payudara juga bisa disebut sebagai mastektomi yang bertujuan mengobati atau mencegah kanker payudara. Prosedur medis ini bisa dilakukan dengan cara mengangkat satu atau kedua payudara sekaligus.

Baca Juga: Wanita Alami Ulkus Vagina Usai Suntik Vaksin Covid-19, Ini Kata Dokter!

Pada orang yang menderita kanker payudara stadium awal, mastektomi bisa menjadi salah satu pilihan pengobatan. Seorang wanita membutuhkan operasi mastektomi bila kondisinya tidak bisa diobati dengan operasi koservasi payudara (lumpektomi).

Aida Saskia [Herwanto/Suara.com]
Aida Saskia [Herwanto/Suara.com]

Operasi ini juga bisa dilakukan ketika seorang wanita lebih memilih mastektomi daripada tindakan medis lainnya karena berbagai alasan. Pada wanita yang berisiko tinggi menderita kanker payudara kedua, terkadang juga disarankan untuk mastektomi ganda atau pengangkatan kedua payudara.

Efek samping mastektomi atau operasi pengangkatan payudara tergantung pada jenis tindakannya. Dilansir dari Cancer, beberapa efek samping mastektomi biasanya meliputi:

  1. Rasa sakit atau nyeri di tempat operasi
  2. Pembengkakan di tempat operasi
  3. Penumpukan darah pada luka atau hematoma
  4. Penumpukan cairan bening pada luka (seroma)
  5. Gerakan lengan dan bahu terbatas
  6. Nyeri saraf (neuropatik) yang terasa seperti nyeri terbakar atau tertusuk di dinding dada, ketika atau lengan yang tidak hilang seiring waktu
  7. Jika kelenjar getah bening aksial juga diangkat, efek samping lain seperti limfedema bisa terjadi

Selain itu, operasi pengangkatan payudara juga bisa menyebabkan pendarahan dan infeksi, sama halnya dengan operasi lainnya.

Baca Juga: Virus Corona Ngamuk, Peneliti Inggris Teliti Sub-Varian Delta

Komentar