alexametrics

Rony Dozer Sempat Alami Kolesterol Tinggi, Waspadai 6 Faktor Risikonya

Rima Sekarani Imamun Nissa | Shevinna Putti Anggraeni
Rony Dozer Sempat Alami Kolesterol Tinggi, Waspadai 6 Faktor Risikonya
Rony Dozer [Suara.com/Ismail]

Ada beberapa faktor yang bisa meningkatkan risiko seseorang alami kolesterol tinggi, seperti Rony Dozer.

Suara.com - Rony Dozer sempat mengeluh alami kolesterol tinggi sebelum meninggal dunia pada Kamis (11/11/2021) malam. Rony Dozer bercerita pada temannya, Rency Milano bahwa dirinya mengalami kolesterol tinggi setelah makan nasi padang.

Sebelum meninggal dunia, Rency Milano mendengar suara Rony Dozer yang "ngap-ngapan". Saat itu, Rony Dozer mengaku sudah tidak enak badan, sehingga tidak bisa menghadiri acara puncak Festival Film Indonesia (FFI) 2021 pada Rabu (10/11/2021) malam.

"Dia bilang habis makan nasi padang. Habis makan padang kolesterol naik. Padahal sakitnya ada juga gula," kata Rency dihubungi, Kamis (11/11/2021).

Kolesterol tinggi adalah kondisi yang bisa dialami oleh orang usia muda maupun tua. Dilansir dari Hellosehat, ada beberapa hal yang bisa menyebabkan kolesterol tinggi.

Baca Juga: WHO: Semua Orang Harus Hidup Berdampingan dengan Virus Corona Covid-19

1. Pertambahan usia

Usia yang semakin bertambah juga salah stau faktor risiko kolesterol tinggi. Semakin bertambahnya usia, maka semakin besar pula risiko Anda menderita kolesterol tinggi. Umumnya, pria akan berisiko mengalami kolesterol tinggi ketika menginjak usia 45 tahun ke atas dan wanita usia 55 tahun ke atas.

kolesterol tinggi (Shutterstock)
kolesterol tinggi (Shutterstock)

2. Pola makan tak sehat

Kebiasaan makan tak sehat termasuk penyebab kadar kolesterol tinggi. Konsumsi makanan tak sehat ini termasuk makanan kaya lemak jenuh berlebih, asupan gula dan alkohol yang berlebih, dan kurang konsumsi kolesterol.

3. Malas bergerak

Baca Juga: Peneliti: Orang Usia 50 Tahun Hasilkan Antibodi Virus Corona Covid-19 Lebih Tinggi

Malas bergerak juga bisa menjadi penyebab kadar kolesterol tinggi. Apalagi, Anda juga kebiasaan mengonsumsi makanan tidak sehat dan kaya akan lemak.

Tumpukan lemak akan terus mengendap di dalam pembuluh darah dan tidak terbakar melalui aktivitas fisik, seperti olahraga. Olahraga juga akan membantu menurunkan kadar kolesterol dalam darah.

4. Berat badan berlebih

Berat badan berlebih bisa menjadi penyebab kolesterol tinggi. Karena, kelebihan berat badan biasanya menjadi pertanda kelebihan kadar lemak di dalam tubuh. Kondisi ini bisa menjadi penyebab kadar kolesterol tinggi.

Selain itu, kelebihan berat badan juga bisa meningkatkan risiko penyakit jantung akibat kenaikan kolesterol. Contohnya, risiko penyakit jantung coroner, serangan jantung hingga gagal jantung.

5. Kebiasaan merokok

Kebiasaan merokok juga bisa menjadi penyebab tingginya kadar kolesterol dalam tubuh. Kondisi ini disebabkan oleh zat acrolein yang terdapat pada rokok.

Karena, zat ini bisa mempengaruhi kadar LDL di dalam tubuh dengan cara menghalangi kinerja enzim yang bertanggung jawab menjaga kadar LDL tetap pada batas normal.

6. Menderita penyakit tertentu

Riwayat penyakit tertentu juga bisa menjadi penyebab kolesterol tinggi. Beberapa kondisi kesehatan yang bisa menjadi penyebab kolesterol tinggi, meliputi diabetes, gangguan liver dan masalah ginjal, tekanan darah tinggi, dan gangguan kelenjar tiroid.

Komentar