alexametrics

Bagai 'Air' bagi Penderita Diabetes, Inilah Pentingnya Suntikan Insulin Setiap Hari

Yasinta Rahmawati | Rosiana Chozanah
Bagai 'Air' bagi Penderita Diabetes, Inilah Pentingnya Suntikan Insulin Setiap Hari
Ilustrasi suntik insulin. (Shutterstock)

Sayangnya, pandemi virus corona menyebabkan perawatan pada penderita diabetes menurun.

Suara.com - Insulin sangat penting bagi penderita diabetes. Penyakit kronis ini tidak hanya meningkatkan risiko Covid-19 parah, tetapi juga dikaitkan dengan peningkatan diagnosis diabetes baru dan memburuknya komplikasi diabetes yang sudah ada.

Tetapi sayangnya, perawatan diabetes selama pandemi virus corona ini mengalami kendala. Banyak penderita yang menunda perawatan atau tidak membeli insulin karena termasuk obat paling mahal di pasaran.

Penundaan pengobatan ini berpotensi memperburuk kondisi kronis dan berkontribusi pada penambahan kasus kematian yang secara langsung dan tidak langsung disebabkan oleh Covid-19, menurut The Conversation.

Namun, dampak penuh spesifik dari pandemi Covid-19 terhadap manajemen dan perawtaan diabetes belum sepenuhnya dipahami.

Baca Juga: 5 Makanan untuk Penderita Diabetes yang Aman, Awas Jangan Salah Pilih, Bisa Fatal!

Menurut peneliti, diperlukan studi lebih lanjut tentang bagaimana pandemi telah memengaruhi penderita diabetes. Sehingga kelompok ini dapat menerima perawatan yang memadai.

Ilustrasi suntik insulin. (Shutterstock)
Ilustrasi suntik insulin. (Shutterstock)

Insulin Sangat penting bagi penderita diabetes

Diabetes mempengaruhi bagaimana tubuh mengubah makanan menjadi energi.

Biasanya ketika kita makan, tubuh memcecah makanan menjadi gula yang masuk ke aliran darah. Pankreas melepaskan insulin.

Namun, penderita diabetes tidak dapat menyerap gula karena tubuh mereka tidak memproduksi insulin atau tidak dapat menggunakan insulin dengan baik. Jadi, untuk menjaga kadar glukosa di bawah kontrol, penderita diabetes memerlukan suntikan insulin setiap hari.

Baca Juga: Mengapa Orang Jarang Gerak Lebih Berisiko Terkena Diabetes Melitus?

Tanpa suntikan ini, peningkatan kadar gula darah dapat menyebabkan masalah kesehatan parah. Komplikasi yang paling umum dari diabetes adalah ketoasidosis diabetik.

Komentar