alexametrics

Jangan Makan Jeruk Lebih dari 2 Buah Sehari, Ini Efek Sampingnya!

Yasinta Rahmawati | Shevinna Putti Anggraeni
Jangan Makan Jeruk Lebih dari 2 Buah Sehari, Ini Efek Sampingnya!
Buah jeruk (Pixabay/Pixel2013)

Banyaka makan buah jeruk dalam sehari bisa menimbulkan sejumlah efek samping.

Suara.com - Jeruk merupakan salah satu buah yang memiliki banyak manfaat kesehatan. Ada berbagai jenis jeruk yang memiliki cita rasa berbeda-beda. Tapi, umumnya buah jeruk memiliki rasa manis dan asam.

Makan buah jeruk membantu kita menjaga sistem kekebalan tubuh lebih kuat, menghidrasi tubuh dan meningkatkan asupan vitamin C.

Dilansir dari Times of India, sekitar 100 gram jeruk mengandung 47 gram kalori, 87 gram air, 0,9 gram protein, 11,8 gram Karbohidrat, 9,4 gram gula, 2,4 gram serat dan 76 persen vitamin C.

Meskipun jeruk merupakan buah yang kaya nutrisi, Anda harus mengonsumsinya dalam jumlah sedang. Jika seseorang makan 4-5 jeruk setiap hari, hal ini bisa menyebabkan konsumsi serat yang berlebihan.

Baca Juga: Gejala Virus Corona Covid-19 Bisa Berupa Diare, Ketahui Sebabnya!

Hal ini bisa menyebabkan sakit perut, kram, diare, kembung dan mual. Asupan vitamin C yang berlebihan bisa menyebabkan mulas, muntah, insomnia dan serangan jantung.

Ilustrasi Buah Jeruk. (Pixabay.com)
Ilustrasi Buah Jeruk. (Pixabay.com)

Karena, jeruk adalah buah yang bersifat asam sehingga bisa menyebabkan iritasi pada perut orang yang menderita penyakit refluks gastroesofageal (GERD). Orang yang menderita GERD harus berkonsultasi dengan dokter sebelum mengonsumsi jeruk.

Dalam beberapa kasus yang parah, makan jeruk berlebihan bisa menyebabkan muntah dan mulas. Orang dengan kadar kalium tinggi juga harus berkonsultasi dengan dokter sebelum mengonsumsi jeruk.

Jeruk memiliki kadar kalium yang rendah, tetapi mengonsumsinya Terlalu banyak bisa menyebabkan hiperkalemia. Seseorang bisa mengonsumsi jeruk maksimal 1-2 buah sehari.

Baca Juga: Profil Ari Lasso: Kini Botak Usai Jalani Kemoterapi Kanker Limfoma

Komentar