alexametrics

6 Makanan yang Mengandung Asam Folat, Ternyata Termasuk Buah Jeruk

Rima Sekarani Imamun Nissa
6 Makanan yang Mengandung Asam Folat, Ternyata Termasuk Buah Jeruk
Buah jeruk, kulit jeruk (Pixabay/Pixel2013)

Konsumsi makanan yang mengandung asam folat demi kesehatan tubuh Anda.

Suara.com - Asam folat atau vitamin B9 merupakan vitamin yang larut dalam air dan memiliki banyak manfaat penting bagi kesehatan tubuh. Lalu, apa saja makanan yang mengandung asam folat? Simak penjelasan tentang makanan dengan kandungan asam folat berikut ini.

Diketahui, Vitamin B9 banyak ditemukan pada makanan. Disarankan agar orang dewasa yang sehat mendapatkan setidaknya 400 mcg folat per hari.

Nah, mari simak 6 makanan yang mengandung asam folat dan baik untuk dikonsumsi, dilansir dari Healthline, Senin (15/11/2021).

Kacang-kacangan

Baca Juga: Berat Badan Seimbang, Begini Cara Menghitung Kalori Makanan

Kacang Almond (Envato)
Kacang Almond (Envato)

Kacang-kacangan merupakan buah atau biji dari tanaman apa pun dalam keluarga Fabaceae. Meskipun jumlah folat yang terkandung dalam kacang-kacangan bervariasi, mereka bisa menjadi sumber folat yang sangat baik.

Kacang-kacangan juga merupakan sumber protein, serat, dan antioksidan , serta mikronutrien penting seperti kalium, magnesium, dan zat besi.

Asparagus

Asparagus mengandung banyak vitamin dan mineral, termasuk folat. Selain itu, Asparagus juga kaya akan antioksidan dan telah terbukti memiliki sifat anti-inflamasi dan antibakteri. Asparagus juga menjadi sumber serat sehat yang baik untuk jantung.

Sayuran Hijau

Baca Juga: 5 Makanan untuk Ibu Hamil Muda Mencegah Keguguran dan Agar Janin Sehat

Sayuran berdaun hijau seperti bayam, kangkung, dan arugula, rendah kalori namun kaya akan vitamin (A dan K), mineral, dan folat. Selain itu, sayuran hijau tinggi serat. Sebuah studi menunjukkan, makan lebih banyak sayuran hijau dapat mencegah peradangan, kanker, dan membantu menurunkan berat badan.

Telur

Menambahkan telur ke dalam menu makanan sehat kamu adalah cara yang bagus untuk meningkatkan asupan beberapa nutrisi penting, termasuk folat. Selain itu, telur juga termasuk makanan kaya protein, selenium, riboflavin, vitamin B12, dan sebagai antioksidan.

Bit

Selain memberikan semburan warna untuk hidangan utama dan makanan penutup, bit juga kaya akan nutrisi dan menjadi makanan sumber asam folat yang bagus. Selain itu, bit mengandung mangan, potasium, nitrat, dan vitamin C yang dibutuhkan tubuh sepanjang hari.

Buah Jeruk

Selain enak dan segar, buah jeruk ternyata juga kaya akan folat, vitamin C, dan mikronutrien yang dapat membantu meningkatkan kekebalan dan mencegah berbagai penyakit. Sebuah pnelitian menyebutkan, mengonsumsi jeruk dapat membantu mencegah risiko kanker payudara, perut, dan pankreas.

Demikian informasi mengenai makanan yang mengandung asam folat yang baik untuk kamu konsumsi. Semoga bermanfaat!

Kontributor : Ulil Azmi

Komentar