alexametrics

Turunkan Tekanan Darah Tinggi dalam 2 Jam, Cobalah Minuman Ini!

Yasinta Rahmawati | Shevinna Putti Anggraeni
Turunkan Tekanan Darah Tinggi dalam 2 Jam, Cobalah Minuman Ini!
Blueberry. (Pixabay/LC-click)

Minuman dari blueberry bisa membantu menurunkan tekanan darah tinggi dalam 2 jam.

Suara.com - Tekanan darah tinggi atau hipertensi adalah kondisi yang bisa meningkatkan risiko serangan jantung dan stroke. Tapi, ada satu minuman dari buah-buahan yang bisa membantu menurunkan tekanan darah tinggi.

Satu minuman dari buah-buahan ini telah terbukti mampu menurunkan risiko penyakit kardiovaskular dengan mengontrol tekanan darah tinggi dan fungsi pembuluh darah.

Minuman ini berasal dari blueberry yang telah terbukti memiliki banyak manfaat kesehatan. Menurut satu studi oleh Journal of Gerontology, Series A: Biological Sciences and Medical Sciences, buah-buahan ini juga bisa meningkatkan kesehatan pembuluh darah.

Para peneliti menemukan bahwa mengonsumsi hanya 200 gram blueberry bisa membantu menurunkan tekanan darah sistolik dan meningkatkan kesehatan pembuluh darah.

Baca Juga: Kasus Kanker Paru-paru Tinggi Pada 2020, Kenali 5 Penyebabnya!

Mereka mempelajari efek kesehatan ini setelah menawarkan minuman blueberry kepada 40 pria setiap hari selama sebulan. Sedangkan, peserta lainnya menerima minuman terkontrol untuk perbandingan.

Tekanan darah tinggi (Pixabay/McRonny)
Tekanan darah tinggi (Pixabay/McRonny)

Tekanan darah semua peserta pun diukur secara berkala dan menjalani tes mengukur pelebaran yang dimediasi aliran dari arteri brakialis di lengan atas.

Temuan ini menemukan bahwa minuman blueberry bisa membantu menurunkan tekanan darah tinggi sekitar 2 persen dalam waktu 2 jam dan efeknya pun bisa bertahan setelah 1 bulan mengonsumsinya setiap hari.

Selain itu, tekanan darah sistolik juga turun rata-rata 5 millimeter air raksa. Tekanan sistolik adalah salah satu dari dua komponen yang digunakan untuk mengukur tekanan darah.

Blood Bressure UK mengatakan tekanan darah diastolik merupakan tingkat terendah yang dicapai tekanan darah Anda di antara ketukan. Sedangkan, tekanan darah sistolik berfungsi memberikan gambaran yang lebih baik tentang risiko Anda terkena stroke atau serangan jantung.

Baca Juga: Gejala Virus Corona Covid-19 Bisa Berupa Diare, Ketahui Sebabnya!

"Efek minuman blueberry ini sama dengan obat tekanan darah biasa selama periode yang sama," jelas Harvard Health dikutip dari Express.

Para peneliti menempatkan efeknya pada blueberry tingkat tinggi antosianin, yakni antioksidan unik yang ditemukan dalam buah beri. Molekul-molekul inilah yang yang memperngaruhi warna buah beri.

Penelitian juga menunjukkan bahwa antosianin meningkatkan fungsi sel endotel dalam tubuh. Sel-sel ini ditemukan di permukaan bagian dalam pembuluh darah yang penting untuk aliran darah dan mengatur tekanan darah.

Tim peneliti mengatakan proses ini bisa membantu mencegah perkembangan hipertensi. Penulis utama penelitian ini, dokter Ana Rodriguez-Mateos, dari Departemen Ilmu Gizi di King's College London, mengatakan makan blueberry seluruhnya bisa memberikan manfaat kesehatan penuh.

Komentar