alexametrics

Dokter Tirta Bantah Micin Bikin Bodoh: Sama Kayak Ingin BAB Disuruh Pegang Batu

Vania Rossa | Dini Afrianti Efendi
Dokter Tirta Bantah Micin Bikin Bodoh: Sama Kayak Ingin BAB Disuruh Pegang Batu
Ilustrasi MSG (Pixabay)

Dr. Tirta menyandingkan anggapan micin bikin bodoh, selaiknya saat ingin buang air besar tapi diminta menggengam batu. Padahal keduanya tidak berhubungan.

Suara.com - Viral praktisi kesehatan, Dokter Tirta Mandira Hudi atau yang akrab disapa dr. Tirta, dengan tegas membantah anggapan monosodium glutamate (MSG) alias micin bikin bodoh.

Bahkan, secara frontal, dr. Tirta menyandingkan anggapan micin bikin bodoh, selaiknya saat ingin buang air besar tapi diminta menggengam batu. Padahal keduanya tidak berhubungan.

"Micin bikin bodoh, dia nggak riset, saya kayak kebelet berak pegang batu. Kalau saya flu karena kebanyakan minus es, itu nggak ada hubungannya," ujar dr. Tirta dalam perbincangan bersama @volix.media di Instagram, dikutip suara.com, Senin (22/11/2021).

Dokter yang juga influencer itu menyebut bahwa tidak masalah mengonsumsi micin, selama sesuai dengan batas yang wajar.

Baca Juga: Bolehkah Ibu Hamil Makan Mie Instan? Jawabannya Mengejutkan

"Nggak apa-apa konsumsi micin, asal sesuai kategori sesuai anjuran 3 gram sampai 6 gram sehari, seperti 2 sendok makan," jelas dr. Tirta.

Lebih lanjut ia menjelaskan bahwa 2 sendok makan sehari micin ini tidak dikategorikan dengan sekali konsumsi, tapi dalam satu hari dalam makanan yang dikonsumsi sebaiknya kandungan micinnya tidak lebih dari 2 sendok makan.

Penjelasan yang disampaikan dr. Tirta ini sudah disukai nyaris lebih dari 24 ribu orang.

Bahkan video kembali dibagikan oleh akun @indovidgram, dan dalam setengah jam sudah disukai lebih 21 ribu orang.

Apa yang disampaikan dr. Tirta juga senada dengan yang disampaikan Prof. Ahmad Sulaeman, Guru Besar Keamanan dan Gizi Pangan Fakultas Ekologi Manusias (FEMA) IPB.

Baca Juga: Viral Nakes Bikin Konten soal Suntik KB, dr Tirta: Urusan Pribadi Pasien Tak Boleh Disebar

Ia mengatakan MSG merupakan salah satu zat gizi yang terdiri dari asam glutamat tapi dikombinasikan dengan natrium (yang umumnya ada di garam), sehingga menimbulkan rasa gurih.

"Walaupun asupannya harus diturunkan tapi dia dibutuhkan oleh tubuh kita. Asam glutamat, natrium dan air tiga-tiganya merupakan zat gizi, dan bukan unsur kimia berbahaya," tutur Prof. Sulaeman.

Komentar