alexametrics

Nagita Cerita Rafathar Cemburu dengan Adiknya, Begini Cara Mengatasinya!

Yasinta Rahmawati | Shevinna Putti Anggraeni
Nagita Cerita Rafathar Cemburu dengan Adiknya, Begini Cara Mengatasinya!
Rafathar dan Baby R (instagram.com)

Baru-baru ini, Nagita Slavina bercerita bahwa Rafathar mulai cemburu dengan adiknya.

Suara.com - Putra sulung Raffi Ahmad dan Nagita Slavina, Rafathar turut antusias ketika menyambut kelahiran adiknya, Rayyanza Malik Ahmad.

Meskipun antusias, ternyata Rafathar sempat cemburu dengan adiknya. Nagita Slavina pun menceritakan tingkah laku Rafathar yang lucu ketika cemburu dengan adiknya.

"Rafathar nanya waktu Aa lahir banyak mana yang ngirim bunga? Jealous dia, jealous banget," kata Nagita Slavina dalam Youtube Rans Entertainment.

Momen seorang kakak cemburu dengan adiknya yang baru lahir ini sangat wajar terjadi. Dilansir dari Hellosehat, ada beberapa hal yang bisa dilakukan untuk menghadapi kakak yang sedang cemburu dengan adiknya.

Baca Juga: Siti Fadilah Blak-blakan Bongkar Virus Corona Varian Omicron: Didramatisasi

Empeng Rayyanza Malik Ahmad (Instagram/@fashion_nagitaslavina)
Empeng Rayyanza Malik Ahmad (Instagram/@fashion_nagitaslavina)

1. Bantu anak memahami emosinya

Anak biasanya mengeksperisakan perasaan cemburunya dengan sang adik dalam berbagai cara, mulai dari memukul, mencubit, mendorong si adik atau tingkah aneh lainnya.

Tindakan itu dilakukannya karena ia baru pertama kali memiliki rasa cemburu. Anda perlu membantu mereka untuk memahami emosinya atau perasaan cemburunya tersebut.

2. Dengarkan uneg-unegnya

Biarkan si kakak untuk mengekspresikan semua emosinya. Anda sebagai orangtua cukup membuat suasana yang nyaman agar si kakak bisa berbicara tentang perasaannya.

Baca Juga: Virus Corona: Apakah Varian Omicron Memang Sangat Berbahaya?

Tapi, janganlah menyalahkannya ketika ia sudah mengungkapkan semua perasaannya. Terima dan maklumi perasaan cemburunya dengan si adik dengan mendengarkannya dan memberinya pengertian.

3. Arahkan anak untuk mengekspresikan emosinya dengan tepat

Jangan biarkan si kakak meluapkan rasa cemburunya dengan melakukan kekerasan atau melukai adiknya. Orangtua perlu memberi tahu bahwa tindakan itu tidak bisa ditoleransi dan buruk.

Orangtua cukup mengarahkan perasaanya di kakak yang cemburu dengan menyarankannya menyampaikan melalui tulisan, gambar atau mengungkapkannya pada orangtua.

4. Pahami keinginannya yang hanya ingin mendapatkan perhatian

Anak memiliki sifat egosentis yang menganggap segala sesuatu berpusat pada dirinya. Saat orangtua lebih fokus pada adiknya yang baru lahir, situasi ini bisa menyinggung rasa egosentris tersebut.

Jadi, orangtua perlu memahami bahwa sikap cemburu si kakak itu semata-mata ingin mendapatkan perhatian dari kedua orangtuanya. Karena itu, luangkan waktu Anda untuk memperhatikannya agar tidak cemburu.

5. Yakinkan anak bahwa rasa sayang orangtua tidak akan berubah

Orangtua juga perlu meyakinkan si kakak bahwa rasa sayang akan tetap sama dan tidak akan berubah meskipun ada kehadian seorang adik. Jika si kakak mulai bertingkah atau membenci kehadiran adiknya, pahami bahwa si kakak hanya membutuhkan waktu lebih banyak dengan kedua orangtuanya.

6. Ajak anak membantu merawat adiknya

Anda juga bisa melibatkan si kakak untuk membantu merawat adiknya yang baru lahir. Anda bisa meminta si kakak untuk menentukan baju yang harus dipakai adiknya.

7. Memuji anak ketika berbuat baik dengan adiknya

Saat si kakak berbuat baik dengan adiknya, jangan lupa untuk memberinya pujian, seperti ketika si kakak membantu mempersiapkan pakaian adiknya atau menemani adiknya ketika ibu mandi.

Pujian ini akan membuat si kakak lebih bersemangat merawat adiknya dan menganggap kebaikan itu sebuah prestasi. Saat ada sesuatu yang baik terjadi pada adiknya, ia juga akan merasa bangga.

Komentar