alexametrics

4 Tips Mudah Berikan Asupan Nutrisi Pada Anak dari Nutritionis

M. Reza Sulaiman | Dinda Rachmawati
4 Tips Mudah Berikan Asupan Nutrisi Pada Anak dari Nutritionis
Ilustrasi nutrisi anak. (shutterstock)

Kekurangan nutrisi berdampak pada kekebalan tubuh anak yang kurang optimal. Untuk itu, simak tips mudah memberikan asupan nutrisi pada anak berikut ini.

Suara.com - Nutrisi memiliki peranan yang sangat penting dalam mendukung proses tumbuh kembang buah hati. Terlebih pada masa pandemi, karena kekurangan nutrisi berdampak pada kekebalan tubuh yang kurang optimal, sehingga dikhawatirkan menjadi lebih rentan terhadap infeksi virus.

Karena itulah, Nutritionis Dr. Rita Ramayulis DCN M.Kes mengungkap jika orangtua perlu memperhatikan asupan zat gizi anak, terutama protein yang berperan besar bagi pertumbuhan dan perkembangan sel imunitas, serta mikronutrien untuk antioksidan yang melindungi sel-sel imunitas mereka.

Nah, untuk memberikan asupan yang tepat pada anak, berikut tips mudah yang diberikan Dr. Rita untuk para orangtua di rumah, dalam acara kampanye #KejuAsliCheck bersama keju Kraft, Jumat (3/12/2021).

1. Sesuai Waktu

Baca Juga: 5 Fungsi Usus Halus dalam Tubuh dan Risiko Masalah Kesehatan yang Menyertainya

Anak memiliki lambung dengan ukuran yang lebih kecil sehingga tidak bisa menerima makanan dalam jumlah besar.

Anak makan. (Shutterstock)
Anak makan. (Shutterstock)

Oleh karena itu, pemenuhan protein dan zat gizi mikronutrien harus diberikan di semua waktu makan mereka, yaitu pagi, siang, malam dan selingan pagi, sore dan malam.

2. Kreativitas Ibu

Hal ini tentunya dibutuhkan guna menghadirkan berbagai variasi menu yang disukai anak di setiap waktu. Salah satunya dengan penggunaan keju cheddar yang bisa digunakan untuk ibu berkreasi membuat makanan lezat di rumah.

3. Sesuai Jumlah

Pemilihan makanan bagi buah hati pun diupayakan harus yang padat gizi, sehingga volume makanan tidak terlalu besar. Makanan dengan ukuran lebih kecil tentu akan mudah dikonsumsi oleh anak.

Baca Juga: 3 Opsi Makanan yang Mengandung Karbohidrat untuk Asupan Harian, Nggak Melulu Harus Nasi

4. Sesuai Jenis

Upayakan jenis makanan yang dipilih merupakan makanan yang padat gizi. Misalnya keju cheddar yang memiliki kandungan kalsium, protein dan Vitamin D di dalamnya.

Komentar