alexametrics

Muncul Bintik Merah di Selangkangan, Berbahaya atau Tidak Ya?

M. Reza Sulaiman
Muncul Bintik Merah di Selangkangan, Berbahaya atau Tidak Ya?
ilustrasi selangkangan pria. (shutterstock)

Peradangan alias iritasi kulit bisa terjadi di mana saja, termasuk di daerah selangkangan. Salah satu cirinya adalah munculnya bintik merah.

Suara.com - Peradangan alias iritasi kulit bisa terjadi di mana saja, termasuk di daerah selangkangan. Salah satu cirinya adalah munculnya bintik merah.

Masalah ini dialami oleh seorang pria bernama Gamar, yang bertanya di forum kesehatan Smarterhealth.id.

"Dokter, di selangkangan saya muncul bintik-bintik merah, tapi tidak sakit atau gatal. Tidak berair dan hanya merah saja. Apa ini berbahaya dok?" tanyanya.

Menjawab pertanyaan itu, dr. Tan Wei Sheng dari Gleneagles Hospital Singapura mengatakan, bintik merah di selangkangan bisa disebabkan oleh peradangan folikel rambut yang disebut folikulitis.

Baca Juga: Hanya Butuh 3 Rempah, Ini Cara Alami Atasi Gatal di Selangkangan ala Dokter Zaidul Akbar

Ilustrasi selangkangan, penis. (Shutterstock)
Ilustrasi selangkangan pria. (Shutterstock)

"Kemungkinan bisa folikulitis atau peradangan folikel rambut, yang biasa muncul di selangkangan karena di sana terdapat beberapa folikel rambut," terang dr. Tan.

dr. Tan mengatakan folikulitis ini bisa disebabkan oleh bakteri penyebab peradangan akar rambut dan bisa diatasi dengan cairan antiseptik, salep atau minum antibiotik.

"Namun, tanpa pemeriksaan fisik, sulit untuk dipastikan, dan jika tidak kunjung hilang, Anda sebaiknya temui dokter untuk mendapat pemeriksaan," terangnya.

Sementara itu mengutip laman Hello Sehat, Folikulitis adalah penyakit kulit yang terjadi akibat peradangan pada folikel rambut. Kondisi ini biasanya ditandai dengan benjolan merah kecil dengan ujung putih berisi nanah.

Benjolan ini mungkin ada yang dangkal atau terasa dalam. Selain itu, penyakit pada kulit kepala ini dapat terjadi di tempat yang ditumbuhi rambut, termasuk dada, punggung, lengan, dan kaki. Jerawat dan jenisnya juga bagian dari folikulitis.

Baca Juga: Alasan Mengapa Area Selangkangan Lebih Gelap, Hindari Pakai Pakaian Ketat!

Folikulitis tidak berbahaya, tetapi dapat menimbulkan gatal dan nyeri yang membuat Anda tidak nyaman. Pada kasus yang parah, masalah ini dapat menyebabkan rambut rontok dan bekas luka permanen.

Komentar