facebook

Kontrol Tekanan Darah Tinggi, Cobalah Konsumsi 2 Bahan Herbal Ini

Cesar Uji Tawakal | Shevinna Putti Anggraeni
Kontrol Tekanan Darah Tinggi, Cobalah Konsumsi 2 Bahan Herbal Ini
Ilustrasi herbal (Chamile White/Pixabay).

Ada dua bahan herbal yang bisa mengontrol dan mencegah tekanan darah tinggi.

Suara.com - Tekanan darah tinggi termasuk pemicu penyakit serius yang jarang menimbulkan gejala. Karena itu, banyak orang tidak menyadari dirinya terkena tekanan darah tinggi.

Menurut NHS, tekanan darah tinggi ini bisa memberikan dampak yang cukup besar pada kesehatan, sehingga bisa mengakibatkan sejumlah komplikasi negatif.

Untungnya, ada beberapa cara untuk menjaga tingkat kesehatan dan menjaga tekanan darah tinggi, termasuk menerapkan pola makan tertentu.

Kai Ali, ilmuwan farmasi dan kepala formulasi di Super Botanic, mengatakan bahwa mengonsumsi herbal tertentu bisa membantu mengurangi dan mencegah tekanan darah tinggi.

Baca Juga: Duh, Infeksi Virus Corona Bisa Turunkan Jumlah Sperma

Kai mengatakan bahwa kurkumin memiliki efek anti-inflamasi dan antioksidan yang kuat. Ada banyak studi meta menunjukkan bahwa kurkumin bisa membantu mengurangi tekanan darah tinggi, mengurangi peradangan pembuluh darah, menghambat pembekuan darah, dan menurunkan kadar kolesterol.

Ilustrasi tekanan darah tinggi [pixabay]
Ilustrasi tekanan darah tinggi [pixabay]

Tinjauan terhadap 11 studi yang terdiri dari 734 peserta menemukan bahwa konsumsi kurkumin bisa meningkatkan tekanan darah, bila diberikan dalam jangka waktu lama. Tapi, penelitian lebih lanjut diperlukan untuk mengonfirmasi hasil tersebut.

Seorang apoteker mengatakan bahwa kunyit memiliki sifat antioksidan yang membantu menjaga kesehatan arteri dan pembuluh darah.

Selain kurkumin, kelor juga salah satu tanaman yang paling padat nutrisi sekaligus sumber potasium alami yang hebat.

"Kalium membantu menurunkan kadar natrium yang merupakan pemicu tekanan darah tinggi. Kalium dan natrium bekerja sama untuk mengontrol tekanan darah Anda," kata Kai dikutip dari Express.

Baca Juga: Obat Asam Urat Bisa Cegah Kematian akibat Virus Corona 50 Persen, Benarkah?

NHS mengatakan bahwa Anda juga harus mengurangi asupan garam menjadi kurang dari 6 gram sehari, konsumsi makanan rendah lemak, diet seimbang dan menjaga berat badan sehat.

Beberapa orang dengan tekanan darah tinggi mungkin juga perlu minum 1 atau lebih obat untuk mengontrol tekanan darah tingginya.

Tekanan darah tinggi atau hipertensi meningkatkan risiko masalah kesehatan serius, seperti serangan jantung dan stroke.

Satu-satunya cara untuk mengetahui tekanan darah Anda tinggi atau tidak adalah memeriksa tekanan darah Anda.

Jika Anda kelebihan berat badan, perokok, atau memiliki riwayat keluarga penyakit jantung, Anda dianggap berisiko untuk mengalami tekanan darah tinggi.

Tekanan sistolik, angka yang lebih tinggi, adalah kekuatan di mana jantung Anda memompa darah ke seluruh tubuh Anda. Tekanan diastolik, angka yang lebih rendah, adalah resistensi terhadap aliran darah di pembuluh darah.

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Komentar